Forum Ekraf Diharapkan Jadi Wadah Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Forum Ekraf Diharapkan Jadi Wadah Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Forum Ekraf Diharapkan Jadi Wadah Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Foto: dok. Pemkab Gunungkidul

jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Forum Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Gunungkidul periode 2022-2024 resmi dikukuhkan. Forum Ekraf ini memiliki 17 sektor usaha yang berkembang.

Pembentukan Forum Ekraf ini sebagai upaya tindak lanjut penetapan Gunungkidul sebagai Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Sub sektor unggulan Kabupaten Gunungkidul pada Seni Pertunjukan," kata Arif Aldian, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul dalam keerangannya, Kamis (29/12).

Arif mengatakan ekraf di Gunungkidul menjadi salah satu isu strategis dalam meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui ide, gagasan, dan kreativitas.

"Karakter ekonomi kreatif dicirikan dari aktivitas ekonomi yang bertumpu pada eksplorasi ide-ide kreatif yang memiliki nilai jual tinggi," tuturnya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengugkapkan pengukuhan ini merupakan bagian komitmen bersama pemerintah kabupaten dan masyarakat pelaku usaha ekonomi kreatif untuk berkolaborasi membangun ekosistem ekraf.

"Diharapkan forum ini selain sebagai wadah juga dapat meningkatan kesejahteraan masyarakat Gunungkidul,” paparnya.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Kabupaten Gunungkidul Setyo Hartanto menuturkan tim komite ekraf beranggotakan personel gabungan dari Perangkat Daerah.

Forum Ekraf Gunungkidul diharapkan menjadi sebagai wadah untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News