JPNN.com

Forum Sosial Dialog Jabar Memfasilitasi Pembuatan PKB untuk 17 Perusahaan

Rabu, 11 September 2019 – 14:06 WIB Forum Sosial Dialog Jabar Memfasilitasi Pembuatan PKB untuk 17 Perusahaan - JPNN.com
Forum Sosial Dialog Jabar didukung oleh CNV Internationaal Belanda melalui Proyek Kemitraan Strategis mengadakan Pelatihan “Perjanjian Kerja Bersama Multi Perusahaan bagi UMKM SKOCI Bandung. Foto: Dok. FSDB

jpnn.com, BANDUNG - Forum Sosial Dialog Jabar (FSDJ) didukung oleh CNV International Belanda melalui Proyek Kemitraan Strategis mengadakan Pelatihan “Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Multi Perusahaan bagi UMKM Sentra Kaos Suci (SKOCI) Bandung” di Clove Garden Hotel, belum lama ini.

Pelatihan ini dihadiri oleh 35 peserta dari perwakilan 17 pengusaha kaus dan advertising yang berlokasi di kawasan jalan Surapati, Bandung.

Widarini selaku Koordinator Regional Forum Sosial Dialog Jabar menyatakan Forum Sosial Dialog Jabar telah memfasilitasi pembuatan PKB Multi Perusahaan yang telah ditandatangani pada 2017 yang lalu bagi ke-17 perusahaan yang tergabung dalam PKB Multi Perusahaan SKOCI.

Pada tahun 2019 ini, PKB Multi Perusahaan SCOKI sudah harus diperpanjang lagi untuk periode dua tahun ke depan. Oleh karena itu, diskusi ini penting dilakukan untuk membahas kembali konsep PKB dari sisi kesepakatan antara para pengusaha dan pekerja/buruh serta kepemimpinan dan kebersamaan tim.

Adanya PKB Multi Perusahaan yang terus diperpanjang oleh kedua pihak baik pengusaha dan pekerja akan menjadi bukti nyata kepedulian untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis dan dinamis di perusahaan masing-masing dan di wilayah Jabar.

“Proyek Kemitraan Strategis” dari CNV Internasionaal saat ini sudah ada di tiga sektor yaitu Sektor Garmen, Sektor Perkebunan dan Sektor UMKM (SKOCI). SKOCI merupakan perusahaan-perusahaan UMKM (home industri) yang berada di sepanjang jalan Surapati, Cicaheum Bandung.

CNV Internasionaal memfasilitasi kegiatan diskusi ini mengingat ini sangat penting untuk meningkatkan hubungan industrial yang harmonis antara Pengusaha dan Pekerja.

“Melalui diskusi ini diharapkan anggota UMKM SKOCI dapat memahami lebih baik tentang Undang-Undang Ketenagakerjaan, PKB/PKB Multi Perusahaan, Kepemimpinan dan Hubungan Kerja yang Harmonis di Perusahaan serta Kerjasama Tim. Ke depan juga diharapakan produk-produk UMKM SCOKI nantinya mendapatkan perhatian dari Disnaker Kota Bandung, terutama dalam pemasaran produk-produknya,” kata Widarini.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...