Foto Bocah Terbaring di Lantai Rumah Sakit Gemparkan Inggris, PM Boris Johnson Sampai Salah Tingkah

Foto Bocah Terbaring di Lantai Rumah Sakit Gemparkan Inggris, PM Boris Johnson Sampai Salah Tingkah
Layanan rumah sakit (Supplied)

Foto seorang anak laki-laki sakit yang tidur di lantai rumah sakit, karena tidak ada tempat tidur yang tersedia, telah menjadi salah satu foto yang menggemparkan dari kampanye pemilu di Inggris.

Foto itu kemudian memaksa Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, untuk bersikap defensif dan memicu debat online sengit tentang apakah foto itu nyata atau palsu.

Jadi bagaimana awal mula foto ini tersebar dan bagaimana pengguna media sosial benar-benar tahu mana yang nyata dan mana yang tidak?

External Link: Tweet @IikonArt All of you voting Tory, look at this. LOOK AT THIS!! A 4 year old boy, in the 5th wealthiest nation, lying on a floor, a FLOOR!!! This isn’t a war zone field hospital, this is LEEDS NHS

Bocah laki-laki di foto itu, Jack Williment-Barr (4), dibawa ke Rumah Sakit Leeds General pekan lalu, dengan dugaan pneumonia (infeksi paru).

Ia akhirnya didiagnosa menderita flu dan tonsillitis (radang amandel) lalu dipulangkan. Tapi sebelum hal itu terjadi, fotonya yang tengah berbaring di lantai rumah sakit dengan alas jaket dan masker oksigen di dekatnya, serta jaket merah sebagai selimut, terlanjur tersebar.

Kisah Jack, termasuk foto berbaringnya di bawah judul "Desperate (putus asa)", ini sampai dimuat di halaman depan tabloid Inggris "Daily Mirror" edisi Senin (9/12/19).

Masa depan Jaminan Kesehatan Inggris (NHS) lalu muncul sebagai masalah besar dalam kampanye Pemilu di sana. Boris Johnson dituduh menggelembungkan jumlah perawat baru yang ia rencanakan untuk dipekerjakan, dan mengklaim layanan kesehatan gratis bisa hilang di bawah perjanjian perdagangan pasca-Brexit dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Tak lama kemudian, ada tuduhan bahwa foto, yang pertama kali diterbitkan oleh Yorkshire Post, itu sengaja dimunculkan.

Foto seorang anak laki-laki sakit yang tidur di lantai rumah sakit, karena tidak ada tempat tidur yang tersedia, telah menjadi salah satu foto yang menggemparkan dari kampanye Pemilu di Inggris

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News