Fotografer & Penyandang Disabilitas Berkolaborasi, Siapa Pun Bisa Jadi Model

Fotografer & Penyandang Disabilitas Berkolaborasi, Siapa Pun Bisa Jadi Model
Contoh proses pengambilan gambar fotografer Veronica Evangeline bersama anak disabilitas. Foto: dokumentasi Veronica Evangeline

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak penyandang disabilitas. Berdasarkan Sensus Penduduk Indonesia 2020, jumlah penyandang disabilitas mencapai 23 juta orang.

Sebagian besar berada di Jawa dan Sumatera mengingat konsentrasi penduduk paling besar juga berada di dua pulau tersebut.

Walau begitu, masih banyak kesenjangan kesempatan yang terjadi dan dirasakan oleh penyandang disabilitas termasuk representasi visual yang masih sangat rendah.

Lantaran hal ini, fotografer Veronica Evangeline memulai berkolaborasi dengan anak-anak penyandang disabilitas di Jawa Barat. Bersama-sama, mereka menghasilkan seri foto-foto yang unik dan berkelas internasional.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan pada anak-anak penyandang disabilitas untuk mengekspresikan dirinya melalui foto,” ucap Veronica dalam keterangannya, Senin (19/6).

Dalam kegiatan ini, Veronica bekerja sama dengan Center of Disability Indonesia (CODI) untuk mengakses talenta bagi penyandang disabilitas yang tertarik menjadi model.

Dalam satu kali pertemuan daring dengan jaringan Sekolah Luar Biasa di Jawa Barat, CODI mendapatkan 158 siswa yang mendaftarkan diri sebagai model.

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh guru-guru dan orang tua setiap siswa penyandang disabilitas.

fotografer Veronica Evangeline memulai berkolaborasi dengan anak-anak penyandang disabilitas di Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News