Fraksi PAN Tolak Wacana Interpelasi

Fraksi PAN Tolak Wacana Interpelasi
Fraksi PAN Tolak Wacana Interpelasi
JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) di DPR RI, Tjatur Sapto Edy menilai interpelasi hanya akan berujung pada penjelasan dari Pemerintah. Sementara akar permasalahan yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia yang sesungguhnya jauh sangat penting justru tidak tersentuh. Karena itu, kata Tjatur, Fraksi PAN pasti akan menolak gagasan interpelasi dan lebih mengedepan rapat gabungan.

"PAN memandang, rapat gabungan lebih memberi solusi daripada interpelasi dalam menghadapi kasus RI-Malaysia. Interpelasi kayak yang kemarin-kemarin juga, hanya akan berujung pada jawab pemerintah yang disampaikan oleh menteri. Kalau rapat gabungan kita bisa tanya dari banyak sisi seperti pertahanan, legalitas batas negara atau geospasial, dan dari sisi kesejahteraan," kata Tjatur Sapto Edy di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (31/8).

Dijelaskan Tjatur, rapat gabungan lintas komisi di DPR dan lintas departemen di pemerintahan, seperti yang digelar dalam pembahasan persoalan organisasi kemasyarakatan, ternyata hasilnya jauh lebih optimal dan efektif dalam mencari solusi dan kesepatan antara DPR dan Pemerintah.

"Jika rapat gabungan serupa juga digelar untuk membahas persoalan Indonesia dengan Malaysia, tentu akan lebih baik hasilnya karena berbagai perbedaan pandangan dan pemikiran antar lintas komisi di DPR dan antar lintas departemen di pemerintahan dapat disatukan dalam sebuah solusi bersama untuk menghadapi Malaysia," usul Tjatur.

JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) di DPR RI, Tjatur Sapto Edy menilai interpelasi hanya akan berujung pada penjelasan dari Pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News