Fraksi PKB Ingin Pembayaran Klaim Asuransi Jiwasraya Selesai Dalam Setahun

Fraksi PKB Ingin Pembayaran Klaim Asuransi Jiwasraya Selesai Dalam Setahun
PT Asuransi Jiwasraya. Foto: Jiwasraya

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Fraksi PKB Nasim Khan meminta penyelesaian kasus tunggakan penagihan klaim asuransi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) diselesaikan paling lambat dalam setahun. “Semestinya satu tahun selesai ini. Maka kami minta sesegera mungkin dimulai. Akhir Februari ini sudah mulai dicicil,” ujar Nasim, Rabu (29/1).

Nasim mengakui pemerintah sudah melakukan langkah serius dalam menjelaskan permasalahan Jiwasraya. Karena itu, dia berharap jangan ada penundaan kalau memang sudah memiliki solusi untuk penyelesaian kasus Jiwasraya ini. Nasim mengatakan pemerintah masih menyiapkan skema penyelamatan untuk pemegang polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) selambat-lambatnya Maret 2021. “Kalau  bisa selesai  Februari 2021, jangan Maret,” pinta Nasim yang juga ketua kelompok fraksi (Kapoksi) PKB di Komisi VI DPR itu.

Kementerian BUMN sedang melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan, OJK, dan kementerian lembaga terkait lainnya, untuk menentukan solusi terbaik dalam penyelamatan pemegang polis. “Kami huznuzan (berprasangka baik) bahwa pemerintah berkomitmen mencari solusi terbaik untuk penyelamatan pemegang polis Jiwasraya. Untuk itu, sebaiknya start dari Februari itu dicicil,” ujar Nasim.

Ia juga menilai rencana pemerintah membentuk holding asuransi dan penjaminan sah-sah saja, selama bisa memberikan solusi. Menurut Nasim, holding itu harus dapat membenahi persoalan di asuransi, termasuk masalah tata kelola.

“Holding asuransi tentunya harus dapat membenahi tata kelola perusahaan asuransi. Termasuk dalam hal pengelolaan investasi, perhitungan aktuarial produk, dan fungsi-fungsi compliance dan risk management,” ungkapnya.

Lebih lanjut politikus PKB dari Jawa Timur ini berharap pemerintah bisa meningkatkan koordinasi dengan DPR khususnya Panja Permasalahan Asuransi Jiwasraya di Komisi VI DPR. (boy/jpnn)

Anggota Komisi VI DPR Fraksi PKB Nasim Khan meminta penyelesaian kasus tunggakan penagihan klaim asuransi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) diselesaikan paling lambat dalam setahun.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News