Front Militan Ganjar-Mahfud: Neofeodalisme Harus Dilawan

Front Militan Ganjar-Mahfud: Neofeodalisme Harus Dilawan
Koordinator Front Militan Ganjar-Mahfud, Girindra Sandino saat dialog publik yang digelar Generasi Pemenang (GP), sebuah organ Relawan Ganjar Mahfud di Ciputat pada 17 November 2023. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Front Militan Ganjar-Mahfud, Girindra Sandino mengatakan neofeodalisme harus dilawan karena dapat menghancurkan sendi-sendi kehidupan demokrasi yang sehat serta menghambat kemajuan peradaban politik di Indonesia.

Girindra Sandino secara khusus menyoroti menguatnya politik dinasti yang sarat dengan nilai-nilai feodal dan nepotisme.

“Neofeodalisme harus dilawan dengan gerakan penyadaran pendidikan politik rakyat secara massif,” ujar Girindra Sandino saat dialog publik yang digelar Generasi Pemenang (GP), sebuah organ Relawan Ganjar Mahfud pada Jumat (17/11/2023).

Dialog yang mengusung tema Partisipasi Politik Pemuda dalam Pilpres 2024 ini diikuti oleh lebih dari 150 pemuda dan pemudi.

Menurut dia, fenomena neofeodalisme jelas bertentangan dengan Pancasila yang gandrung dengan ajaran nilai-nilai egaliter.

Menurut Girindra, partisipasi politik merupakan hal yang paling mendasar dalam penyelenggaraan pemilu.

Dia menyebut salah satu indikator pemilu yang demokratis adalah warga negara aktif dalam setiap tahapan pemilu.

“Jadi, bukan soal kuantitas saja di hari H, namun perlu dilihat kualitas partisipasi di semua tahapan pemilu,” ujar Girindra Sandino.

Koordinator Front Militan Ganjar-Mahfud, Girindra Sandino mengatakan neofeodalisme harus dilawan karena dapat menghancurkan sendi-sendi kehidupan demokrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News