FSGI Temukan Banyak Komputer UNBK Logout Sendiri

FSGI Temukan Banyak Komputer UNBK Logout Sendiri
Siswa mengerjakan soal Ujian Nasional. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti‎ mengatakan, selama pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMK, ternyata banyak kendala teknis.

Persoalan teknis muncul di sejumlah daerah, seperti di SMKN 10 Bima, dari 30 komputer ada tiga yang mengalami error dan gagal login.

Di SMK Pelayaran Jakarta Utara juga ditemui kasus komputer/laptop logout sendiri.

Di Mataram SMK 1 Batulayar, terjadi kesulitan upload hasil ujian siswa.

Di Bima SMK 8, banyak siswa sering tiba-tiba logout. Bahkan ketika login lagi terkadang ada siswa yang soalnya muncul soal simulasi.

"Kebetulan sekolahnya mengunakan VHD sisa simulasi, yang kemungkinan datanya lupa dihapus, dan langsung sinkron untuk UNBK, karena ada sekolah yg menggunakaan VHD simulasi tapi di hapus data dulu tidak mengalami hal serupa. Namun menurut pelapor tidak ada solusi dan info lebih lanjut," kata Retno membeber temuan FSGI di posko pengaduan yang tersebar pada 29 kab/kota, Kamis (6/4).‎

Ada juga kesalahan dari salah satu SMK di Kota Pekalongan. Sudah diingatkan dari awal data login agar jangan dipasang di meja peserta ujian, tapi ternyata tetap dipasang di meja. Akhirnya peserta ujian salah login, mereka login pakai data sesi dua.

Akibatnya peserta ujian yang sesi dua tidak bisa login, karena sudah dibuka soalnya dengan token di sesi satu.

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti‎ mengatakan, selama pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News