FTBM dan Sedekah Mainan Peringati Hari Laut Sedunia di Pesisir Utara Jakarta

FTBM dan Sedekah Mainan Peringati Hari Laut Sedunia di Pesisir Utara Jakarta
Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) DKI Jakarta bersama Sedekah Mainan melakukan edukasi bertajuk ‘Literasi Pesisir’ kepada anak-anak Kampung Nelayan Kalibaru, Cilincing- Jakarta Utara, Selasa (8/6/2021). Foto: Dok. Sedekah Mainan

jpnn.com, JAKARTA - Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) DKI Jakarta bersama Sedekah Mainan yang dikoordinasi oleh Kak Ning Nong melakukan edukasi dengan tajuk “Literasi Pesisir” kepada anak-anak Kampung Nelayan Kalibaru, Cilincing- Jakarta Utara, Selasa (8/6/2021). Kegiatan ini bertepatan dengan Hari Laut Sedunia yang diperingati setiap tanggal 8 Juni.

Ketua FTBM DKI Jakarta Yudy Hartanto mengatakan Hari Laut Sedunia didedikasikan untuk menghargai laut dengan segala keindahan dan hasil-hasil lautnya yang mempunyai peran dalam kehidupan sehari-hari.

“Alhamdulillah, kami bersama Sedekah Mainan dan juga Relawan Literasi Jakarta berkesempatan mengunjungi pesisir utara Jakarta tepatnya di Kampung Nelayan Kalibaru, Cilincing-Jakarta Utara untuk melakukan edukasi kepada anak-anak nelayan di sini yang tergabung dalam komunitas Banana,” kata Yudy.

Yudy mengatakan merayakan Hari Laut Sedunia dengan mengunjungi langsung komunitas pesisir Banana akan sangat memberikan pengalaman tersendiri bagi yang hadir di sini tentang pentingnya menjaga keindahan laut.

“Hadirnya komunitas Banana yang aktif memberikan edukasi kepada anak-anak nelayan tentang pentingnya menjaga dan merawat laut perlu diapresiasi dan didukung oleh semua pihaki,” ujar Yudy.

Salah satu penggagas komunitas Banana, Aceng, mengatakan anak-anak di sini awalnya sangat sulit untuk diajak bergabung. Namun berkat kegigihan para relawan dan komunitas lain yang mendukung kegiatannya, lambat laun anak-anak mulai mengikuti.

“Awalnya hanya beberapa anak saja yang ikut kegiatan bersama. Sekarang bisa mencapai 50-an anak yang hadir. Kita berika edukasi tentang pentingnya menjaga dan merawat laut dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan sesuai dengan nama Banana yaitu Bahagia Anak Nelayan,” ujar Aceng

Aksi sederhana yang dilakukan hari ini hanyalah sebagai pengingat kepada semua bahwa laut sangat berperan penting dalam kehidupan kita untuk terus menjaga samudera dan hasilnya.

Hari Laut Sedunia didedikasikan untuk menghargai laut dengan segala keindahan dan hasil-hasil lautnya yang mempunyai peran dalam kehidupan sehari-hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News