Wamendes PDTT Resmikan Taman Bacaan Desa Digital Pertama di Kabupaten Sorong

Wamendes PDTT Resmikan Taman Bacaan Desa Digital Pertama di Kabupaten Sorong
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi didampingi Ibu Zara Murzandina, Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, Dirut PT Balai Pustaka Dewananda Wardana meresmikan Taman Bacaan Desa Digital di Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Sorong, Papua Barat, Kamis (3/6/2021). Foto: Humas Kemendes PDTT

jpnn.com, SORONG - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi meresmikan taman bacaan desa digital di Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Sorong, Papua Barat pada Kamis (3/6).

Taman Bacaan Desa Digital tersebut merupakan yang pertama di Kabupaten Sorong.

Budi Arie Setiadi mengatakan pembangunan taman bacaan desa digital itu bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang rajin membaca dan cerdas.

Menurut dia, penyediaan taman bacaan desa digital penting dilakukan untuk melahirkan generasi-generasi desa yang unggul.

"Pembangunan Indonesia yang merata, adil, dan makmur harus diawali dengan pendidikan dan kesehatan. Nah, taman bacaan ini berangkat dari bagaimana menciptakan SDM yang cerdas dan unggul. Caranya adalah dengan rajin membaca," ujar Budi.

Dia mengatakan Papua dan Papua Barat merupakan daerah yang memiliki jumlah daerah tertinggal yang cukup tinggi. Di mana setengah dari 62 kabupaten/kota tertinggal di Indonesia terletak di kedua provinsi itu.

"Kita harapkan, kita mau pembangunan Indonesia yang sentris. Jangan sampai kemajuan di Jawa, Sumatera, tidak diimbangi dengan kemajuan di daerah lain," tegas Budi

Taman Bacaan Desa Digital beserta fasilitasnya itu dibangun melalui kerja sama Kemendes PDTT dengan dan Balai Pustaka. Fasilitas serupa menurut Budi juga akan dilakukan di beberapa desa-desa lainnya.

Taman bacaan yang dibangun Kemendes PDTT bersama Balai Pustaka itu merupakan yang pertama di Kabupaten Sorong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News