Gagal Bertemu Komodo, Puas Melihat Monyet

Gagal Bertemu Komodo, Puas Melihat Monyet
Hutan rimbun di sekitar sebuah hotel pinggir pantai Labuhan Bajo. Foto: Soetomo Samsu/JPNN

jpnn.com - TERGANTUNG cara menikmatinya. Angan-angan menyambangi Pulau Komodo, Manggarai Barat, NTT, gagal lantaran ombak laut tak bersahabat.

Tapi, menghabiskan liburan di hotel tepi pantai, di lingkupi rimbunan belantara hijau, cukuplah melenyapkan kepenatan rutinitas di Jakarta.
-----------------
Soetomo Samsu-JPNN
-----------------
SEKITAR separoh seat bodi pesawat dari Denpasar diisi wajah bule. Mendarat di Labuhan Bajo, di bandara yang sedang direnovasi itu, muka-muka wisatawan asing berseliweran.

"Sudah dekat Pulau Komodo?" tanya seorang pria bule kepada petugas bandara. "Bukan, ini bandara namanya Bandara Komodo," jawab si petugas.

Rupanya, si bule itu mengira sudah dekat dengan Pulau Komodo lantaran pengeras suara di bandara yang belum terpasang AC itu mengucapkan selamat datang di Bandara Komodo. Ada kata "komodo"-nya.

Ya, Labuhan Bajo begitu menggeliat. Hewan melata jenis reptil yang berjalannya mirip goyang itik itu memberi berkah bagi warga di sana. Restoran, angkutan, kapal pesiar, money changer, hingga tukang ojek, meraup rejeki dari para pelancong.

Di kota kecil itu, saat ini ada sekitar 40-an hotel, dari yang berbintang hingga yang biasa saja. "Setiap hari memang seperti ini, makin ramai musim liburan," ujar Ivan, supir Avanza, yang di sana disebut taksi, yang mangkal di bandara.

Tarif taksi juga tergolong mahal, setidaknya jika dibanding di Jakarta. Dari bandara ke hotel terdekat, yang ditempuh hanya 10 menit jalan santai, tarifnya dipatok Rp 70 ribu.

Warga di sana begitu memuja sosok Jusuf Kalla. Ya, karena saat menjabat wapres era Presiden SBY, tokoh asal Makassar itu lihai dan gencar mempromosikan Pulau Komodo.

TERGANTUNG cara menikmatinya. Angan-angan menyambangi Pulau Komodo, Manggarai Barat, NTT, gagal lantaran ombak laut tak bersahabat. Tapi, menghabiskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News