Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Terjadi Tanpa Penyakit Penyerta

Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Terjadi Tanpa Penyakit Penyerta
Ilustrasi penyakit gagal ginjal akut misterius pada anak di Jakarta, Jumat (14/10/2022). (ANTARA/Instagram/@dinkesdki)

jpnn.com - JAKARTA - Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso Ernie Setyawati mengatakan bahwa penyakit gagal ginjal akut misterius pada anak belum diketahui penyebabnya. Menurut Ernie, gagal ginjal akut misterius pada anak terjadi tanpa ada riwayat penyakit penyerta atau komorbid.

"Jadi, sebelumnya anaknya sehat, tidak ada gangguan apa-apa, begitu dia kena gangguan ginjal ini berlangsungnya progresif, sangat cepat. Jadi, tidak ada penyakit berat yang mendahului," kata dr. Ernie Setyawati dalam acara bincang-bincang kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat (21/10).

Menurut dia, penyebab gagal ginja akut misterius pada anak itu belum bisa dipastikan. 

"Dipastikan juga anak-anak ini tidak ada gangguan fungsi ginjal, tiba-tiba. Jadi, penyebabnya memang belum bisa dipastikan," ungkapnya.

Menurut dia, prevalensi paling tinggi dari penyakit gagal ginjal akut misterius adalah anak laki-laki berusia di bawah enam tahun.

Meski gagal ginjal akut misterius pada anak masih dalam penyelidikan lebih lanjut, kata Ernie, orang tua perlu meningkatkan kewaspadaan dengan lebih memperhatikan kondisi anak.

Menurutnya, anak dengan gangguan ginjal umumnya mengalami gejala infeksi. 

Misalnya, infeksi saluran pernapasan atas yang ditandai demam, batuk, pilek, sesak napas. 

Dokter Ernie Setyawati mengatakan gagal ginjal akut misterius pada anak terjadi tanpa ada penyakit penyerta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News