JPNN.com

Gagal Tangkap Putra Bos Kartel, Pemerintah Meksiko Panen Kecaman

Minggu, 20 Oktober 2019 – 06:05 WIB Gagal Tangkap Putra Bos Kartel, Pemerintah Meksiko Panen Kecaman - JPNN.com
Kota Culiacan dilalap api tak lama setelah putra gembong narkoba El Chapo Guzman ditangkap. Foto: Reuters

jpnn.com, MEKSIKO - Pemerintah Meksiko panen kecaman karena gagal menangkap putra bos kartel narkoba Sinaloa, Joaquin "El Chapo" Guzman. Operasi itu gagal lantaran pasukan Garda Nasional kalah kuat dalam baku tembak dengan anggota kartel di Kota Culiacan, Kamis (17/10) lalu.

Seperti diberitakan, pasukan Garda Nasional Meksiko sebenarnya sudah berhasil membekuk Ovidio Guzman di dalam sebuah rumah di Culiacan. Namun, sebelum sempat membawa sang target keluar rumah, mereka tiba-tiba dikepung puluhan orang bersenjata.

Kalah jumlah, pasukan Garda Nasional akhirnya memilih mundur dan meninggalkan Ovidio. Di saat yang sama, kerusuhan pecah di Culiacan. Sejumlah bangunan dan mobil dibakar. Penjara setempat pun dibobol dan ratusan napi kabur.

Pakar keamanan menilai keputusan aparat melepas putra Chapo Guzman menunjukkan ketidakberdayaan pemerintah dalam melawan kartel. Presiden Lopes Obrador pun dinilai sudah lupa dengan janjinya menyelesaikan masalah kekerasan geng.

Menteri Pertahanan Meksiko Luis Cresencio Sandoval dan Menteri Keamanan Alfonso Durazo sama-sama menyebut operasi tersebut sebagai sebuah kegagalan. "Itu dilakukan dengan tergesa-gesa, konsekuensinya tidak dipertimbangkan, bagian paling berisiko tidak diperhitungkan," kata Luis Cresencio Sandoval dalam jumpa pers di Cuiliacan, Sabtu (19/10).

Durazo malah mengaku dirinya dan para perwira senior militer tidak tahu ada misi untuk menangkap tokoh kartel narkoba. Menurutnya, ada kesalahan birokrasi dalam operasi tersebut. (ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...