Gagasan Indonesia Soal Isu Perempuan Banyak Diapresiasi Delegasi Sidang IPU di Bali

Gagasan Indonesia Soal Isu Perempuan Banyak Diapresiasi Delegasi Sidang IPU di Bali
Ketua DPR Puan Maharani saat memimpin sidang IPU ke-144 di Nusa Dua Bali. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, DENPASAR - Gagasan Indonesia soal isu perempuan banyak diapresiasi di forum forum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144.

Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan banyak delegasi yang merasa Indonesia menjadi contoh nyata kepemimpinan perempuan.

Di Forum of Women Parliamentarians, Puan menyebut banyak delegasi yang menyatakan produk regulasi Indonesia banyak berpihak kepada perempuan, seperti dalam keterlibatan perempuan dalam mempersiapkan produk kebijakan publik.

“Kepemimpinan perempuan di Indonesia menginspirasi mereka," ujar Puan Maharani melalui keterangan yang diterima Jumat (25/3).

Putri dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu menyampaikan banyak delegasi yang mau belajar lebih lanjut karena mereka juga ingin meningkatkan jumlah anggota perempuan di parlemen.

"Mereka melihat kesuksesan Indonesia," kata Puan.

Puan mengatakan, DPR juga terus meningkatkan jumlah anggota parlemen agar kebijakan-kebijakan negara semakin mengedepankan kesetaraan gender karena adanya campur tangan dari perempuan itu sendiri.

“Selama beberapa tahun terakhir ini, kita telah menyaksikan bagaimana perempuan berkiprah di dunia politik," terangnya.

Pada 2021, dari 73 orang yang terpilih sebagai ketua parlemen di seluruh dunia, 18 orang di antaranya atau 24,7 persennya adalah perempuan.

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Irine Yusiana Roba Putri menyampaikan Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) yang sempat disinggung Puan dalam forum dan mendapat sorotan delegasi-delegasi IPU.

Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan Indonesia menjadi leading dalam isu perempuan di Sidang IPU ke-144

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News