Parlemen Asing Akui Kesuksesan Sidang IPU di Bali

Parlemen Asing Akui Kesuksesan Sidang IPU di Bali
Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua BKSAP Fadli iZon dan Wakil Ketua BKSAP Putu Sipadma Rudana saat penutupan Sidang IPU di Bali, Kamis (24/3). Foto: BKSAP

jpnn.com - Penyelenggaraan sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 yang diselenggarakan di Bali telah berakhir tepat pada 24 Maret 2022.

Penutupan event Internasional tersebut kemudian diwarnai dengan banjir pujian yang disampaikan oleh berbagai pihak dari delegasi asing yang sungguh sangat terkesan dengan penyelenggaraan yang baik.

Tak hanya itu, beberapa poin mereka sampaikan dan tidak sedikit diantaranya mengaku momen sidang ini menjadi salah satu momen yang tidak bisa dilupakan.

Dalam pidato penutupan IPU ke 144 Puan Maharani mengatakan, bahwa Indonesia selaku tuan rumah memberi pesan penting tentang peran positif parlemen.

"Indonesia memberi pesan penting dalam permasalahan perubahan iklim, krisis global, HAM, perdamaian dunia, dan menghasilkan sebuah mediasi penyelesaian perang di Ukraina, serta, saya ucapkan terimakasih atas kedatangan para anggota IPU dalam sidang di Nusa Dua Bali," ungkap Puan saat Pidato penutupan.

Bahkan setelah menyampaikan pidato dalam pembukaan sidang IPU ke-144, dirinya langsung banyak dipuji dan disebut sebagai sosok wanita yang sangatlah luar biasa. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu anggota Parlemen Eswatini.

Menurut Senator Mkhululi Diami, bahwa tidak hanya keindahan alam di Indonesia saja yang patut untuk diapresiasi, namun karena Indonesia juga memiliki seorang perempuan seperti Puan yang mampu untuk menjadi pemimpin yang mewakili negara besar ini.

Selain itu baginya, berarti memang telah ada prubahan dalam dunia perempuan di Indonesia, khususnya dalam segi kesetaraan gender yang mana juga merupakan salah satu aspek penting untuk terus dibahas termasuk dalam sidang IPU ke-144 tersebut.

Penyelenggaraan sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 yang diselenggarakan di Bali telah berakhir tepat pada 24 Maret 2022

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News