Gaji Lionel Messi Tertinggi, tapi Cristiano Ronaldo Terkaya

Gaji Lionel Messi Tertinggi, tapi Cristiano Ronaldo Terkaya
Cristiano Ronaldo. Foto: Diario AS

jpnn.com, JAKARTA - Lionel Messi menjadi pemain sepak bola yang mendapat gaji paling tinggi saat ini, Rp 1,61 triliun per tahun.

Namun, soal pemasukan La Pulga, julukan Messi, selama tahun ini Messi belum mampu menyaingi Cristiano Ronaldo. Ronaldo menyandang gelar sebagai pesepak bola terkaya dunia.

Goal menyebutkan, angka pendapatan Ronaldo sepanjang 2018 diperkirakan mencapai Rp 6,53 triliun. Itu jauh dari taksiran pendapatan setahun Messi yang angkanya Rp 5,80 triliun. Padahal, gaji per tahun Ronaldo di bawah Messi. Baik semasa masih di Real Madrid maupun Juventus per musim panas ini.

Dari yang mendapat gaji per tahun Rp 344,8 miliar di Real, angkanya meningkat Rp 492,6 miliar begitu mendarat di Vinovo –kamp latihan Juve. Nilai kekayaan Ronaldo itu terkerek oleh pendapatan lewat royalti sebagai bintang iklan dan kesepakatan yang dibuat dengan sponsorship.

Namanya menjadi brand apparel olahraga AS Nike. Apalagi setelah Ronaldo sepakat dengan Nike untuk kerja sama sejak akhir 2016. Nilai kesepakatan untuk kontrak seumur hidup CR7 berada di angka Rp 14,5 triliun. Itu belum termasuk kontraknya di perusahaan games EA Sports, Tag Heuer, dan Sacoor Brothers.

Forbes mengklaim, lebih dari 40 persen kekayaan pemain 32 tahun itu berasal dari luar gaji dan bonus sebagai pesepak bola. ’’Saya cuma berusaha menikmati sepak bola,’’ seloroh mesin gol La Vecchia Signora musim ini tersebut seperti dikutip Sky Italia. Skema uang yang didapat Messi berkebalikan dengan Ronaldo.

Sumber pendapatan terbesar Messi berasal dari gaji dan bonusnya di La Blaugrana. Uang yang bisa didapat dari luar lapangan hanya 24,3 persen dari total pendapatannya dalam setahun.

Dia hanya mampu mengumpulkan rata-rata uang dari sponsor Rp 391,9 miliar. Jauh, bukan? Dikutip Bleacherreport, Messi tak menjadikan Ronaldo sebagai patokan.

Gaji Lionel Messi saat ini mencapai Rp 1,61 triliun per tahun, sementara Cristiano Ronaldo Rp 492 miliar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News