Gakeslab Bakal Terlibat Dalam Pembentukan Roadmap Health Security Nasional

Sabtu, 25 April 2020 – 16:50 WIB
Gakeslab Bakal Terlibat Dalam Pembentukan Roadmap Health Security Nasional - JPNN.com
Gakeslab Indonesia (Iogo). Foto Gakeslab

jpnn.com, JAKARTA - Gakeslab Indonesia berdiskusi dengan Menteri BUMN, Erick Thohir mengenai adanya pengadaan Alkeslab di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Gakeslab lndonesia merupakan organisasi distributor dan importir Alat Kesehatan dan Laboratorium (Alkeslab), yang beranggotakan 475 perusahaan distributor dan importir di seluruh lndonesia (baik perusahaan lokal maupun multinasional), yang diketuai oleh Sugihadi.

"Kami bersyukur bisa berdiskudi panjang lebar, walaupun secara virtual, mengenai alkeslab dengan Pak Erick. Kami diminta terlibat dalam pembuatan roadmap health security yang sedang disiapkan Kementerian BUMN sesuai dengan kebutuhan baik dunia usaha, regulator maupun masyarakat. Saat ini banyak perusahaan swasta yang memiliki kemampuan dalam memproduksi alat kesehatan," ujar Sugihadi.

Saat ini, Kementerian BUMN tengah fokus dalam membangun Health Security Nasional. Upaya ini dilakukan selain bisa meningkatkan daya saing industri kesehatan dalam negeri, juga bisa menjadi benteng pertahanan dalam menghadapi segala wabah penyakit ke depannya.

Sebagai pihak yang mendukung penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan kebutuhan tenaga kesehatan, pihaknya memahami bahwa saat ini pemerintah membutuhkan segala bantuan yang diperlukan untuk mengadakan Alkeslab dari dalam dan luar negeri untuk dapat memberikan perawatan yang memadai kepada para pasien.

Beruntung, saat ini sudah banyak penelitian baik dari Universitas ataupun Balitbang instansi pemerintahan yang bisa memproduksi alat kesehatan yang selama ini diimpor, seperti salah satunya Ventilator.

Ke depannya, ini bisa dikembangkan dan bisa diproduksi massal demi memenuhi pasar dalam negeri.

Dalam kesempatan ini, Erick Thohir juga menegaskan, penyusunan roadmap yang direncanakan ini merupakan wujud sinergi antara BUMN dan swasta. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...