Gakeslab Indonesia All Out Bantu Pemerintah Perangi Virus Corona

Gakeslab Indonesia All Out Bantu Pemerintah Perangi Virus Corona
Warga yang mewaspadai virus corona menggunakan masker wajah saat melintasi kawasan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (3/3). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-Alat Kesehatan dan Laboratorium (Gakeslab) turut berjuang membantu pemerintah menangani virus corona.

Ketua Umum Gakeslab Indonesia Sugihadi menjelaskan, pihaknya sudah mengirim satu wakil untuk menjadi anggota satgas Antisipasi Dampak Covid-19.

Menurut dia, hal itu sesuai dengan amanat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk memastikan ketersediaan sarana perawatan bagi pasien.

Gakeslab Indonesia terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk mendukung kebutuhan rumah sakit dalam hal ketersediaan alat kesehatan berkualitas.

Dia menjelaskan, pihaknya memiliki berbagai sumber daya yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk membantu menangani wabah corona dan merawat pasien.

Di antaranya adalah persediaan alkeslab dan kapasitas untuk mendidik, memantau serta mengendalikan kegiatan anggota dalam rangka mencegah tindakan penimbunan serta penjualan dengan harga yang tidak wajar.

Pihaknya juga siap memberikan masukan mengenai pengendalian paasokan. Dengan demikian , pemerintah bisa melakukan inspeksi mendadak dan penindakan yang tepat.

"Dengan demikian, sidak dan penindakan ini tidak akan salah sasaran kepada penyalur resmi. Hal ini dapat mengompromikan ketersediaan di daerah sebagai akibat dari ketakutan penyalur resmi dalam menyimpan stok yang wajar,” kata dia.

Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-Alat Kesehatan dan Laboratorium (Gakeslab) turut berjuang membantu pemerintah menangani virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News