Galaksi Termuda Berhasil Ditemukan

Galaksi Termuda Berhasil Ditemukan
Galaksi Termuda Berhasil Ditemukan
BALTIMORE--Para astronom telah mengidentifikasi galaksi terjauh yang pernah ditemukan dengan menggunakan teleskop Spitzer dan Hubble milik NASA. Galaksi tersebut diduga terbentuk ketika alam semesta baru berusia sangat muda, sekitar 500 juta tahun.

"Galaksi ini adalah objek terjauh yang pernah kita amati ," ujar Wei Zheng, seorang ilmuwan penelitian utama di Departemen Fisika dan Astronomi di Johns Hopkins University di Baltimore, seperti dilansir redorbit.

Dijelaskan, galaksi ini berjarak sekitar 13,2 miliar tahun cahaya dari Bumi. Hal ini diketahui dari perjalanan cahaya obyek tersebut sebelum akhirnya mencapai bumi, dimana alam semesta hanya 3,6 persen dari usianya saat ini.

Ilmuwan berharap, penemuan ini mampu membantu mempelajari benda-benda di awal alam semesta dan bagaimana zaman kegelapan berakhir. Benda-benda yang terletak pada jarak ini sebagian besar berada di luar kemampuan sensitivitas deteksi teleskop terbesar saat ini, sehingga para astronom harus mengandalkan lensa gravitasi untuk menangkap mereka.

BALTIMORE--Para astronom telah mengidentifikasi galaksi terjauh yang pernah ditemukan dengan menggunakan teleskop Spitzer dan Hubble milik NASA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News