Gamawan Tawarkan Pemindahan Aktifitas Pemerintahan

Jakarta Tetap jadi Ibukota Negara

Gamawan Tawarkan Pemindahan Aktifitas Pemerintahan
Gamawan Tawarkan Pemindahan Aktifitas Pemerintahan
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan persetujuannya atas rencana pemindahan ibukota dari Jakarta. Namun menurutnya, pemindahan itu cukup untuk kegiatan pemerintahannya saja.

Gamawan mengatakan, Indonesia memiliki 33 provinsi yang masing-masing daerah memiliki keunggulan. "Saya setuju dipindah. Saya lebih setuju jika republik ini, setiap provinsi punya kekuatan baru. Masing-masing daerah memiliki kekhususan, sehingga kekuatan nasional terbagi. Tidak terkonsentrasi di satu kota," ujar Gamawan di kantornya, Rabu (8/9).

Lebih jauh Gamawan menyodorkan analisanya. Jakarta, katanya, sudah menjadi pusat bisnis, ekonomi, pemerintahan dan juga pariwisata sehingga warga pun berbondong-bondong ke Jakarta. Namun di sisi lain, pemerintah tidak bisa menghalangi warganya berdatangan ke Jakarta.

"Kita tidak bisa menghambat orang datang ke Jakarta. Di Jakarta itu gulanya (daya tarik) banyak. Gula pendidikan di sini juga, gula perdagangan, gula perbankan,

gula wisata, gula pemerintahan juga di sini juga," ujar Gamawan. "Jika gula-gula ini kita sebar, kita ciptakan lebih banyak gula di daerah," ulasnya.

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan persetujuannya atas rencana pemindahan ibukota dari Jakarta. Namun menurutnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News