Gambar Mirip Salib di Simbol HUT RI, Kapitra PDIP: Kenapa Tidak Bulat?

Gambar Mirip Salib di Simbol HUT RI, Kapitra PDIP: Kenapa Tidak Bulat?
Spanduk HUT Kemerdekaan RI yang disebut mirip salib. Foto: Instagram Aagym

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Kapitra Ampera juga heran kenapa potongan-potongan supergrharic di simbol HUT ke-75 Republik Indonesia terlihat seperti bentuk salib. 

Dia juga tidak paham dengan penjelasan Sekretaris Utama Kementerian Sekretariat Negara (kemensetneg) yang menyatakan potongan-potongan dikatakan merepresentasikan komitmen dan nilai luhur pancasila.

"Saya tidak paham kalau itu dikaitkan dengan Pancasila ya. Jangan salah kaprah nih," kata Kapitra saat berbincang dengan jpnn.com, Kamis (13/8).

Bicara persamaan dan keadilan, dia menilai penggunaan logo itu tidak pas dipakai secara nasional apalagi di negara berpenduduk mayoritas Islam. 

"Saya yakin tidak ada maksud untuk menjadikan simbol-simbol Nasrani, salib, menjadi logo kemerdekaan. Tetapi orang kan bisa melihat. Secara kasat mata orang melihat ada kemiripan itu dengan salib," jelasnya.

Untuk itu, kata mantan pengacara Habib Rizieq Shihab ini, pemerintah seharusnya berhati-hati dan bisa menjaga perasaan mayoritas. Sebab, simbol-simbol semacam itu menurutnya hal yang sensitif.

"Kalau itu dibikin di Manado mungkin enggak ada yang protes. Atau itu dibikin di Papua, NTT, mungkin tidak ada yang protes. Tapi karena dibikin untuk nasional tentu ada reaksi," ucap Kapitra.

Politikus yang berlatar belakang pengacara ini menilai seharusnya potongan-potongan supergraphic tersebut dibuat seimbang antara sisi atas, bawah, kiri dan kanan. Atau dibuat bentuk lain. 

Kapitra Ampera merasa heran dengan simbol HUT RI ke-75 yang terlihat mirip salib.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News