Gandeng 88 Perguruan Tinggi, Kemenkominfo Targetkan 60.000 Peserta DTS 2020

Gandeng 88 Perguruan Tinggi, Kemenkominfo Targetkan 60.000 Peserta DTS 2020
Menkominfo Jhonny G Plate. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bagi-bagi beasiswa pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) 2020 untuk 60 ribu peserta. Target itu untuk menyiapkan talenta serta memenuhi kebutuhan era industri 4.0.

Sebanyak 88 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia terlibat aktif sebagai mitra penyelenggara.

Menteri Kominfo Johnny G Plate mengatakan, pemerintah tengah berkomitmen untuk mengejar ketertinggalan talenta digital di Indonesia. Menurutnya, dengan target 60 ribu peserta hanya memenuhi sepuluh persen dari kebutuhan tahunan talenta digital sampai 2035.

“Ini komitmen saya dan Kemekominfo untuk mengejar ketertinggalan dalam bidang talenta digital. Tidak berhenti sampai di situ. Bahkan dari laporan yang saya terima, pada 2035, Indonesia membutuhkan sembilan juta talenta digital. Dan setiap tahun dibutuhkan sekitar 600 ribu talenta digital. Kominfo melakukan DTS sebagai stimulan,” kata dia dalam keterangan yang diterima, Rabu (17/12).

Dalam Program DTS 2020, kata Johnny, tema pelatihan yang ditawarkan lebih beragam. Mulai dari Artificial Intelligence, Big Data Analytics, Cloud Computing, Cybersecurity, Internet of Things, dan Machine Learning.

"Ada juga Programming, Graphic Design, Multimedia and Animation, dan Network Administration. Selain itu ada pelatihan Digital Policy, Digital Entrepreneurship, Digital Communication, Business Intelligence, Financial Technology, serta Blockchain," jelasnya.

Politikus Partai NasDem ini menerangkan program DTS bukanlah sekadar program biasa. Program itu mendapatkan dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Riset dan Teknologi. Selain itu ada juga peran perusahaan telekomunikasi dan TIK global, lokal dan start up digital.

“Program ini menunjukkan dengan jelas bahwa sinergi dibutuhkan untuk mencari berbagai terobosan pengembangan DTS. Bapak Presiden juga menyatakan jangan sampai hanya bergantung pada APBN saja. Harus dikembangkan skema inovasi yang baru pula,” paparnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bagi-bagi beasiswa pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) 2020 untuk 60 ribu peserta. Target itu untuk menyiapkan talenta serta memenuhi kebutuhan era industri 4.0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News