Gandeng BP2MI, Menparekraf Ingin Pekerja Migran Jadi Duta Pariwisata

Gandeng BP2MI, Menparekraf Ingin Pekerja Migran Jadi Duta Pariwisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto: Dok Birkom Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pekerja migran Indonesia (PMI) bukan hanya sebagai pahlawan devisa, tetapi juga bisa menjadi duta pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal itu diungkapkan dalam pertemuan dengan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

"Di sini kami melihat selain daripada kesepakatan kami untuk menjadikan para pekerja migran Indonesia menjadi duta pariwisata tetapi juga sekaligus menjadi duta ekonomi kreatif," kata Sandiaga.

Dalam pertemuan itu, Sandiaga menyaksikan karya-karya berupa produk ekonomi kreatif yang dihasilkan para pekerja migran Indonesia (PMI) yang telah purna.

Sandiaga menilai produk-produk yang dihasilkan PMI purnya binaan BP2MI tersebut sangat layak diekspor.

"Kalau melihat produk-produk yang dihasilkan oleh PMI purna sudah sangat layak dipasarkan menjadi komoditas ekspor. Dan ini adalah karya-karya terbaik, mulai dari fashion, kuliner, dan jangan lupa dengan kopinya, dan terakhir adalah kriya," kata Sandiaga.

Karenanya, Sandiaga juga ingin berkolaborasi dengan BP2MI dalam memberikan pelatihan wirausaha bidang ekonomi kreatif bagi PMI yang sudah purna.

"Kemenparekraf akan terus berkolaborasi dengan BP2MI memfasilitasi inkubasi wirausaha bagi pekerja migran yang sudah kembali ke tanah air," kata Sandiaga.

Pekerja migran Indonesia bukan saja hanya sebagai pahlawan devisa, tetapi juga bisa menjadi duta pariwisata dan ekonomi kreatif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News