Gandeng DCI, Rakata Motorcycle Siapkan Stasiun Swap Baterai di Seluruh Indonesia

Gandeng DCI, Rakata Motorcycle Siapkan Stasiun Swap Baterai di Seluruh Indonesia
Rakata Motorcycle dan PT Dharma Controlcable Indonesia (DCI) akan mengembangkan sistem tukar baterai atau swap baterai. Foto: Dedi Sofian

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Rakata Motorcycle mengumumkan kolaborasi dengan PT Dharma Controlcable Indonesia (DCI) untuk mengembangkan sistem tukar baterai atau swap baterai.

Kerja sama itu dilakukan dengan cara penandatangan yang dilakukan dalam gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS 2023) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (18/2).

Presiden Direktur PT Dharma Controlcable Indonesia Eko Maryanto mengatakan mulai tahun ini pihaknya akan menargetkan stasiun penukaran batera itu akan tersebar di wilayah Jakarta.

Selanjutnya, kata dia, secara bertahap dipasang di semua kota besar di Indonesia.

"Kami optimistis akan meningkatkan minat masyarakat untuk membeli kendaraan listrik yang ramah lingkungan karena berkendara motor listrik menjadi semakin nyaman" ujar Eko kepada awak media di Booth Rakayata di IIMS.

Dia mengatakan kehadiran stasiun penukaran baterai itu dilakukan karena saat ini DCI memproduksi Lithium Battery Pack terutama type Lithium NMC 811 yang merupakan teknologi terkini.

Menurut dia, baterai tersebut akan dikembangkan langsung oleh anak bangsa dan tidak melibatkan tenaga asing.

"Kami juga dalam pengembangannya ini di r&d dikembangkan benar-benar oleh tenaga Indonesia murni, tidak ada sangkut paut unsur asing ya. Jadi, benar-benar dikembangkan oleh orang-orang Indonesia yang memiliki kapasitas terbaik," tutur dia.

Rakata Motorcycle dan PT Dharma Controlcable Indonesia (DCI) akan mengembangkan sistem tukar baterai atau swap baterai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News