Gandeng MDI Venture, Pupuk Indonesia Dukung Pengembangan Ekonomi Digital

Gandeng MDI Venture, Pupuk Indonesia Dukung Pengembangan Ekonomi Digital
Penandatanganan HoA antara Pupuk Indonesia dengan MDI Ventures dilaksanakan di ICE BSD, Banten. Kegiatan tersebut masuk dalam rangkaian acara BUMN Startup Day 2022. Foto dok Pupuk Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia melakukan penandatanganan Head of Agreement (HoA) dengan MDI Venture, yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia di ICE BSD, Banten.

Kegiatan tersebut masuk dalam rangkaian acara BUMN Startup Day 2022, yang digelar selama tiga hari mulai 26-28 September 2022.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman mengatakan penandatangan kerja sama ini merupakan dukungan Pupuk Indonesia untuk pertumbuhan ekonomi digital di tanah air.

“Kerja sama Pupuk Indonesia ini merupakan sinergi antara Pupuk Indonesia dengan MDI Ventures untuk memperkuat sektor dan industri pertanian secara komprehensif di Indonesia dari hulu ke hilir,” ujar Bakir.

Melalui penandatanganan kerja sama ini, Pupuk Indonesia dan MDI Ventures juga akan membentuk Agrifund yang nantinya bisa berinvestasi di perusahaan-perusahaan digital atau startup sektor pertanian. Pada kerja sama ini juga membuka peluang bagi perusahaan BUMN sektor lainnya bergabung sebagai investor pada Agrifund.

“Kerja sama bisnis antara BUMN dengan Startup melalui Perusahaan Modal Ventura (PMV) Agrifund milik BUMN ini selanjutnya diharapkan menjadi roda penggerak pertanian demi ketahanan pangan Indonesia,” ungkap Bakir.

Sementara, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan ekonomi digital Indonesia akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada 2030, yaitu dengan nilai sekitar Rp 4.500 triliun atau setara 40 persen dari total ekonomi yang ada di Asia Tenggara.

Nilai potensi tersebut diharapkan bisa dioptimalkan oleh para perusahaan BUMN.

Penandatangan kerja sama ini merupakan dukungan Pupuk Indonesia untuk pertumbuhan ekonomi digital di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News