Gandeng Mitsui, Pertamina Jajaki Penerapan Teknologi CCUS di Indonesia

Gandeng Mitsui, Pertamina Jajaki Penerapan Teknologi CCUS di Indonesia
Direktur Strategi, Portofolio & Pengembangan Bisnis Pertamina Iman Rachman bersama dengan Presiden Direktur Of Mitsui Indonesia, Shinichi Kikuchihara menunjukkan dokumen usai melakukan penandatanganan JSA Signing Ceremony “CCUS Technology Implementation In Central Sumatra Area” antara Pertamina Persero dengan Mitsui & Co LTD yang diselenggarakan di Gedung Grha Pertamina, Jakarta pada Rabu (6/4/2022). Foto Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mempertegas komitmennya dalam mendukung penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dengan menggandeng Mitsui & Co.

Kerja sama itu dilakukan untuk mengkaji penerapan teknologi Carbon Capture, Utilization and Storage (CCUS) di wilayah Sumatera Tengah, Indonesia.

Kesepakatan kerja sama itu dilakukan pendandatangan Joint Study Agreement (JSA) oleh Direktur Strategi, Portofolio, & Pengembangan Usaha (SPPU) Pertamina Iman Rachman dan General Manager of Sustainable Energy Development Division, Energy Business Unit I, Mitsui & Co Yasuchika Maruyama.

Penandatangan itu disaksikan oleh President Director of PT Mitsui Indonesia Sinichi Kikuchihara di Grha Pertamina, Jakarta, Rabu (6/4).

Direktur Strategi, Portofolio, & Pengembangan Usaha (SPPU) Pertamina Iman Rachman mengatakan kesepakatan ini bertujuan untuk melakukan studi kelayakan penerapan teknologi CCUS di Sumatera Tengah, Indonesia.

Hal tersebut untuk menjajaki kemungkinan membangun kemitraan strategis jangka panjang dalam pengembangan dekarbonisasi mencapai target transisi energi.

Menurut dia, untuk mendapatkan hasil kajian yang lebih komprehensif, Pertamina dan Mitsui akan melakukan penelitian teknologi penangkapan, pemurnian, dan penyimpanan CO2 sesuai kapasitas.

Selain itu, penetapan dan pemetaan sumber emisi CO2 di sekitar lokasi penyimpanan atau pemanfaatan CO2, potensi penerimaan CO2 dari daerah lain, hingga rencana pengembangan hub, dan cluster CCS/CCUS untuk mendapatkan bisnis baru.

PT Pertamina (Persero) mempertegas komitmennya dalam mendukung penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dengan menggandeng Mitsui & Co.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News