Gandeng SEB, PLN Bangun Interkoneksi Lintas Negara

Gandeng SEB, PLN Bangun Interkoneksi Lintas Negara
Direktur Perencanaan dan Teknologi PLN, Nasri Sebayang (kanan) dan Chief Executive Officer SEB, Mr. Torstein Dale Sjotveit (kiri) salin menukar berkas kerjasama pembangunan jaringan interkoneksi lintas negara usai penandatanganan kesepakatan di Jakarta, Senin (18/7). Penandatanganan kesepakatan juga disaksikan Second Minister of Planning and Resource Management & Minister of Public Utilities Negara Bagian Sarawak, Datuk Amar Hj. Awang Tengah Ali Hasan (tengah). Foto : ist
JAKARTA - PT PLN (Persero) menggandeng Sarawak Energy Berhad (SEB) guna bekerjasama dalam pembangun jaringan listrik interkoneksi yang melintasi wilayah Kalimantan Barat di Indonesia dan Serawak di Malaysia. Kerjasama tersebut tertuang dalam kesepakatan bersama yang ditandatangani Direktur Perencanaan PT PLN, Nasri Sebayang dengan Chief Of Executive Officer SEB, Mr Torstein Dale Sjotveit di Jakarta, Senin (18/7).

Pokok-pokok kerjasama antara dua perusahaan listrik itu dituangkan dalam bentuk Term Sheets of West Kalimantan–Sarawak Power. Turut hadir pada acara penandatanganan itu antara lain Second Minister of Planning and Resource Management & Minister of Public Utilities Negara Bagian Serawak, Datuk Amar Hj. Awang Tengah Ali Hasan.

Nasri Sebayang mengatakan, jaringan interkoneksi lintas negara itu akan dibangun dengan menggunakan transmisi 275 KV sepanjang 122 Kilometer mulai dari Bengkayang di Kalimantan Barat hingga Mambong di Serawak. "Dari panjang jaringan 122 Kmitu, 86 Km di antaranya berada di wilayah Kalimantan Barat dan sisanya sepanjang 36 Km berada di wilayah Serawak. Diharapkan jaringan transmisi 275 kV ini sudah bisa beroperasi pada Juli 2014," terangnya.

Nasri menambahkan, pembangunan jaringan interkoneksi dua negara serumpun itu juga terkait dengan rencana jual beli tenaga listrik antara dua Sistem Kelistrikan di Pulau Kalimantan, yaitu Sistem Kelistrikan Kalimantan Barat (Indonesia) dan Sarawak (Malaysia). Rencananya,  jangka waktu kerjasama jual beli tenaga listrik antara PLN dengan SEB akan berlangsung selama 25 tahun.

JAKARTA - PT PLN (Persero) menggandeng Sarawak Energy Berhad (SEB) guna bekerjasama dalam pembangun jaringan listrik interkoneksi yang melintasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News