Gandeng Tokopedia, NU Care-LAZISNU Gelar Tes Swab Gratis untuk Ribuan Santri

Gandeng Tokopedia, NU Care-LAZISNU Gelar Tes Swab Gratis untuk Ribuan Santri
Petugas kesehatan saat melakukan tes swab secara gratis kepada para santri, guru ngaji dan relawan penanganan COVID-19. Foto: Humas PBNU

jpnn.com, JAKARTA - Dalam rangka melakukan deteksi penyebaran COVID-19 di Indonesia, NU CARE-LAZISNU bekerja sama dengan Tokopedia Salam telah melakukan tes SWAB gratis untuk ribuan santri, guru ngaji, dan relawan penanganan COVID-19.

Program ini terlaksana di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah.

Slamet Tuharie, PIC Program ini menjelaskan bahwa sejak akhir Oktober 2020 hingga akhir Januari 2021 saja, sedikitnya 3.000 santri, guru, ngaji dan relawan penanganan COVID-19 telah dilakukan tes SWAB gratis.

Sebelumnya, ribuan santri dan guru ngaji juga telah memperoleh SWAB gratis selama tahun 2020.

“Selama tiga bulan ini saja sudah sekitar 3.000 orang yang kami SWAB. Kalau jumlah keseluruhan dari awal sampai sekarang ya sudah lebih dari 5.000 santri, guru ngaji, dan relawan penanganan COVID-19 yang menerima SWAB gratis ini. Sebelumnya kan ada juga rapid test antibody, kemudian SWAB, bahkan hampir 300 orang kita fasilitasi PCR gratis,” ujar Slamet Tuharie.

Menurutnya, sejak akhir Oktober hingga akhir Januari ini permintaan test SWAB makin meningkat di sekitar Jabodetabek. Hal ini karena angka penderita COVID di wilayah tersebut yang masih tinggi.

Oleh karena itu, NU CARE-LAZISNU dan Tokopedia Salam berfokus pada pesantren dan guru ngaji yang memiliki potensi kerentanan penularan COVID-19 cukup tinggi jika tidak dilakukan penanganan dengan baik. Termasuk pada hari ini, 31 Januari 2021 yang bertepatan dengan Hari Lahir ke-95 Nahdlatul Ulama, NU CARE-LAZISNU dan Tokopedia Salam juga melakukan swab gratis untuk para santri dan ustaz di Ponpes Ash-Shiddiqiyah, Jakarta Barat.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membantu pemerintah dalam menangani COVID-19 di Indonesia, terutama pada klaster pesantren.

NU CARE-LAZISNU bekerja sama dengan Tokopedia Salam telah melakukan test SWAB gratis untuk ribuan santri, guru ngaji, dan relawan penanganan COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News