JPNN.com

Ganjar Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Bumi, Begini Caranya

Kamis, 22 April 2021 – 19:28 WIB
Ganjar Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Bumi, Begini Caranya - JPNN.com
Gubernur Ganjar Pranowo bicara soal menjaga bumi. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Memperingati Hari Bumi 2021, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendorong adanya percepatan dalam pemanfaatan sumber-sumber energi energi baru terbarukan (EBT).

Hal itu disampaikan Ganjar ketika membuka webinar peringatan hari bumi dengan tema "Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan" di ruang kerjanya, Kamis (22/4).

Ganjar mengatakan baik-buruknya kondisi bumi ke depan bergantung pada bagaimana manusia mengelolanya.

Menurutnya, ketika manusia tidak mampu mengelola dengan baik, maka kondisi bumi akan semakin buruk. Dia mengingatkan pemanfaatan energi fosil sejak revolusi industri digunakan secara masif dan memiliki dampak negatif, seperti efek gas rumah kaca, hujan asam, hingga pemanasan global.

Ditambah lagi maraknya ekploitasi lingkungan dan gas buang yang menjadi polusi.

Oleh karena itu, kata Ganjar, transisi dari energi berbasis fosil ke sumber lain yang lebih ramah lingkungan kini menjadi hal krusial.

“Ini penting karena banyak potensi energi baru terbarukan seperti matahari, panas bumi, ini mesti kita dorong. Pelan-pelan kita harus mulai meninggalkan energi fosil. Gas alam kita banyak, di Jawa Tengah itu ada gas rawa yang bisa digunakan oleh masyarakat dan sangat aplikatif," kata Ganjar.

Dia mengatakan hari bumi merupakan momentum yang tepat untuk membangun kesadaran dan kearifan untuk mengelola, menata, dan memulihkan bumi, apalagi saat ini terjadi perubahan iklim.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...