Ganjar Akan Cari Cawapres Sepadan dengan Lawan Politik, Mahfud MD atau Yenny Wahid?

Ganjar Akan Cari Cawapres Sepadan dengan Lawan Politik, Mahfud MD atau Yenny Wahid?
Bakal capres Ganjar Pranowo menikmati kopi bersama Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Instagram @ganjar_pranowo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Jakarta Ujang Komarudin menilai Prabowo Subianto kemungkinan besar bakal menggandeng Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi cawap?resnya.

Ujang menilai kans Gibran maju jadi cawapres sudah terbuka lebar setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memberikan karpet merah bagi putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu maju pada Pilpres 2024.

Peluang itu terbuka setelah MK mengabulkan sebagian permohonan uji materi tentang batas usia calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menjadi berusia 40 tahun atau pernah berpengalaman sebagai kepala daerah.

“Gibran bisa menjadi cawapres oleh Mahkamah Konstitusi, jadinya dilegalkan Gibran menjadi cawapres. Ya, kelihatannya Gibran akan menjadi cawapresnya Prabowo, kelihatannya ke situ, arahnya ke sana,” ucap Ujang.

Namun, dia menilai Ganjar Pranowo yang diusung gerbong PDI Perjuangan juga akan mencari calon wakil presiden (cawapres) yang sepadan dengan lawan politiknya di Pilpres 2024.

"Karena kalau di Ganjar Pranowo, kelihatannya Megawati tidak mau cawapresnya Gibran. Megawati sangat kuat argumennya, dan sangat kuat bahwa beliau tidak bisa disetir oleh pihak lain,” kata Ujang saat dihubungi dari Jakarta, Selasa (17/10).

Soal tokoh yang akan jadi cawapres pendamping Capres 2024 Ganjar Pranowo, Ujang menyebut Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tentu bakal mencarikan pasangan yang sepadan dengan lawan politiknya.

"Bagi Ganjar tentu akan mencari cawapres yang sepadan dengan lawan politik, yaitu Anies-Cak Imin dan Prabowo-Gibran. Entah nanti Ganjar bersama dengan Yenny Wahid atau dengan Mahfud MD, kita lihat saja siapa yang akan dipilih oleh Megawati,” tuturnya.

Ganjar Pranowo akan mencari cawapres sepadang dengan lawan politik. Entah Mahfud MD atau Yenny Wahid yang akan dipilih Megawati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News