JPNN.com

Ganjar Apresiasi Kehadiran Para Ulama dalam Menciptakan Kedamaian di Jateng

Rabu, 07 April 2021 – 21:50 WIB
Ganjar Apresiasi Kehadiran Para Ulama dalam Menciptakan Kedamaian di Jateng - JPNN.com
Gubernur Ganjar Pranowo menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) ke-10 MUI Jawa Tengah. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke-10 MUI Jawa Tengah di Hotel Grasia, Semarang, Rabu (7/4).

Musda tersebut dilaksanakan secara luring dan daring dengan protokol kesehatan yang ketat. Tema yang diangkat adalah "Memantapkan Peran MUI sebagai Mitra Strategis Pemerintah dalam Mewujudkan Islam Wasathiyah untuk Keadilan dan Pengentasan Kemiskinan".

"Saya mengapresiasi karena temanya ini pengentasan kemiskinan sehingga in line dengan yang kemarin Baznas lakukan," kata Ganjar dalam sambutannya.

Ganjar mengatakan sinergitas ulama dan umara di Jawa Tengah dalam konteks penyelesaian masalah juga berjalan baik. Artinya, jika ada persoalan tidak terpecahkan alias muncul kebingungan maka ulama menjadi tempat untuk bertanya.

Menurutnya, ulama menjadi pihak yang kemudian bisa memberikan arahan dengan ilmu agamanya. 

"Kalau ada persoalan di Jawa Tengah, saya biasanya kalau tidak bisa menyelesaikan apalagi terkait dengan agama pasti saya matur (bilang) kepada ulama dan kiai. Demikian juga ketika dari TNI, Polri, dan intelijen ada informasi yang ini sepertinya tokoh agama harus ngendikan (berbicara) maka saat itu kami feeding,” kata Ganjar.

Salah satu contohnya adalah adanya tema yang sama dalam khutbah Jumat di seluruh Jawa Tengah. Belum lama ini Ganjar bersama MUI Jawa Tengah serta perguruan tinggi, sekolah, dan pondok pesantren bertemu untuk berdiskusi dan merumuskan pola pendidikan yang tepat, khususnya dalam menangkal radikalisme.

"Inilah cara kita bersinergi dan kita harapkan ini terus berlanjut dalam menyelesaikan masalah yang ada di Jawa Tengah sehjngga suasana adem dan kondusif. Itu bisa membuat orang happy, senang dan bahagia tinggal di Jawa Tengah," ungkapnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...