Ganjar Beberkan Cara Sukses Bina 183 Ribu UMKM Lewat Pelatihan Leveling

Ganjar Beberkan Cara Sukses Bina 183 Ribu UMKM Lewat Pelatihan Leveling
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melihat barang jualan UMKM. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, SOLO - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menghadiri acara puncak Hari UMKM Nasional Tahun 2023 di Pamedan Mangkunegaran, Kota Solo.

Dalam sambutannya, Ganjar mengungkapkan cara sukses membina 183.181 unit UMKM yang mencatatkan Rp 38,9 triliun nilai transaksi, omzet Rp 68,7 triliun, dan menyerap 1.337.156 tenaga kerja. Yakni dengan memfasilitasi mereka lewat pelatihan leveling.

“Inilah pelatihan manajemen yang berjenjang yang kami lakukan sampai dengan pelatihan tiga level. Ada lima macam pelatihan dan levelnya tiga. Jadi, kalau lulus satu, maka baru boleh naik ke dua. Kalau satu tidak lulus, maka tidak boleh. Itu artinya tidak naik kelas,” kata Ganjar dalam siaran persnya, Minggu (13/8).

Pelatihan levelling diadakan Ganjar melalui Balai Latihan Koperasi (Balatkop) UKM Jateng sebagai terobosan baru agar UMKM mampu mengikuti perkembangan usaha dan perekonomian saat ini. Sehingga lebih efektif dan dapat bersaing di dunia usaha.

Terdapat tiga topik utama pada tiga level pelatihan ini. Level pertama membahas manajemen pemasaran, kedua soal operasional dan SDM, serta ketiga lebih menekankan usaha dan keuangan.

Masing-masing topik di pelatihan leveling menampung lima angkatan yang dibagi ke dalam tiga level. Setiap angkatan memiliki 25 peserta. Pelatihan biasanya digelar 4-5 hari di berbagai kota atau kabupaten di Jateng.

“Inilah para konsultan coba kami ajak, mereka mengembangkan sehingga wawasan bisnis dan mindeset para pelaku UMKM meningkat,” kata Ganjar.

Tak hanya terpusat oleh Pemprov Jateng, Ganjar menyebut pelatihan UMKM juga dilakukan Pemkot dan Pemda. Ditambah lagi Ganjar juga bermitra dengan berbagai bank, lembaga keuangan non bank, platform e-commerce, hingga sejumlah marketplace dalam pelatihannya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membeberkan cara sukses dalam membina 183 ribu UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News