Ganjar Berkomitmen Cetak Generasi Muda Ahli Siber

Ganjar Berkomitmen Cetak Generasi Muda Ahli Siber
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo berbicara pada Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan potensi generasi muda tidak akan dibuat sia-sia jika dirinya dipercaya menjadi kepala negara di 2024.

Sebab, pihanya akan menguatkan pertahanan Indonesia lewat berbagai jalur, salah satunya keamanan siber.

Ganjar bersama Mahfud MD akan mengembangkan potensi generasi muda agar banyak yang menjadi ahli keamanan siber.

“Tentu saja saja LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) itu punya potensi yang sangat tinggi untuk memberangkatkan orang-orang, anak-anak hebat ke sana (studi cyber ke luar negeri),” kata Ganjar di debat ketiga Pilpres 2024 yang diselenggarakan KPU, Minggu (7/1).

Menurut Ganjar, LPDP dapat dimanfaatkan negara ke para generasi muda untuk memberikan pendidikan global bidang keamaman siber. Terlebih ada banyak lembaga yang bisa dikolaborasikan.

“Namun, kemudian ketika mereka sudah balik (ke Indonesia, red), mereka mesti diberikan ruang untuk bisa bekerja. BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) bisa kita libatkan. Mereka bisa membuat kolaborasi yang sangat bagus,” kata Ganjar.

Selain itu, eks Gubernur Jawa Tengah itu juga mengaku bakal memperkuat Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) dengan infrastruktur berkualitas serta integritas yang bagus.

“Bahkan kemudian pengamanan di kepolisian saya kira perlu cyber institution yang dipimpin oleh jendral bintang 3 dan kita perlu duta besar siber,” tuturnya.

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan potensi generasi muda tidak akan dibuat sia-sia jika dirinya dipercaya menjadi kepala negara di 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News