Ganjar dan Prabowo Berpeluang Masuk Putaran Kedua Pilpres 2024

Ganjar dan Prabowo Berpeluang Masuk Putaran Kedua Pilpres 2024
FAPTI bekerja sama dengan Alvara Research Center melakukan survei nasional terkait elektabilitas capres dan cawapres di Pilpres 2024. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI) bekerja sama dengan Alvara Research Center melakukan survei nasional terkait elektabilitas capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Salah satu Ketua FAPTI Andre Rahadian mengatakan dari ketiga pasangan responden akan memilih pasangan Prabowo-Gibran (46 persen), Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar ( 26,4 persen) dan Anies Baswedan-Muhaimin sebesar (21,3 persen), dan yang tidak tahu (6,3 persen). 

“Pemilih Jokowi–Ma’ruf Amin di tahun 2019 cukup banyak yang memilih pasangan Ganjar Pranowo–Mahfud MD, sedangkan pemilih Prabowo–Sandi akan tetap memilih Prabowo yang berpasangan dengan Gibran di tahun 2024,” ujar Andre dalam keteranganya, Kamis (28/12).

Andre menegaskan berdasarkan hasil survei tersebut, belum ada pasangan calon presiden yang memiliki suara lebih dari 50 persen.

“Sehingga, kemungkinan besar Pemilu akan berlangsung dua putaran. Dan, peluang paling besar yang masuk ke putaran kedua adalah Prabowo–Gibran dan Ganjar–Mahfud,” ucapnya.

Terpisah Sekretaris Jenderal FAPTI Eko Nugroho mengatakan, survei ini difokuskan bagi responden khusus di Jawa, dengan tambahan 4.000 orang responden.

“Hasilnya memperlihatkan responden di Jawa Tengah akan memilih pasangan Ganjar–Mahfud MD (47 persen) diikuti Prabowo–Gibran (32,8 persen),” tutur Eko.

Eko menuturkan, untuk responden di Jawa Timur akan memilih pasangan Prabowo–Gibran (45,8 persen) dan Ganjar–Mahfud (30,9 persen). Sedangkan di DKI Jakarta, kebanyakan responden memilih pasangan Anies–Muhaimin (34,1 persen) diikuti Ganjar-Mahfud (31,4 persen). 

FAPTI bekerja sama dengan Alvara Research Center melakukan survei nasional terkait elektabilitas capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News