Ganjar-Mahfud Harus Merealisasikan Insentif Guru Mengaji

Ganjar-Mahfud Harus Merealisasikan Insentif Guru Mengaji
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ganjar Pranowo-Mahfud MD harus merealisasikan insentif guru mengaji, apabila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden RI. Insentif bagi guru mengaji di seluruh Indonesia merupakan satu dari 21 program unggulan Ganjar-Mahfud. 

Dengan program tersebut, seluruh guru mengaji akan menerima insentif sebesar Rp 1 juta setiap bulan. 

Sejauh ini, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud telah mengumpulkan sebanyak 928 ribu guru mengaji di seluruh Indonesia.

Sosiolog dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Tantan Hermansah menyatakan program insentif guru mengaji perlu direalisasikan, jika Ganjar-Mahfud terpilih presiden dan wapres RI.

"Tunjangan bagi guru mengaji bisa dilihat dari dua hal. Pertama, dari perspektif kepantasan, program ini tentu sangat baik dan patut disambut dengan rasa syukur. Kita tahu guru mengaji itu adalah sosok yang selama ini mengkontribusikan diri untuk kebaikan masyarakat, namun tidak pernah diberikan penghargaan," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, program bagi guru mengaji dapat merangsang pendidikan agama bisa terselenggara secara baik di masyarakat.

Tantan mengatakan secara sosiologis, program ini sangat baik untuk menghasilkan guru-guru atau anak didik yang baik. 

Namun, dia melihat ada sengkarut masalah yang sangat pelik terkait kelembagaan guru ngaji. Sebab, guru mengaji di Indonesia memiliki ragam tipologi.

Ganjar-Mahfud harus merealisasikan insentif guru mengaji, jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News