Ganjar Dorong Penguatan Peran Pemerintah Desa dan Pentingnya Kepercayaan Kades

Ganjar Dorong Penguatan Peran Pemerintah Desa dan Pentingnya Kepercayaan Kades
Bakal capres 2024 Ganjar Pranowo. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, YOGYAKARTA - Bakal calon presiden 2024 Ganjar Pranowo menyatakan pentingnya kepercayaan kepada pemerintah desa dalam upaya mengembangkan desa menjadi pusat inovasi yang sesuai dengan karakteristiknya.

Ganjar menganggap bahwa kunci utama untuk mendorong kemajuan desa adalah memberikan kepercayaan kepada kepala desa (kades) dan pemerintah desa dalam menyusun program kerja mereka, termasuk dalam mengelola dana desa.

"Yang perlu diberikan oleh negara ini kepada desa adalah trust (kepercayaan). Kasih itu pada kades (kepala desa), trust. Ketika trust, maka pemerintah jangan terlalu ngatur banyak-banyak, apalagi kalau itu soal anggaran dana desa," kata Ganjar dalam acara 'Mata Najwa' yang digelar di Kampus UGM, Selasa (19/9) malam.

Ganjar mengatakan bahwa dengan memberikan kepercayaan kepada pemerintah desa, desa-desa dapat berkembang sesuai dengan karakteristik dan potensinya masing-masing.

Menurutnya, pemerintah hanya perlu memberikan aturan-aturan yang dianggap tidak boleh dilanggar dalam pengelolaan dana desa sebagai panduan.

"Kalau kita trust, dana desanya kita kasih rambu-rambu, agar mereka punya bandwidth untuk menyusun program," kata Ganjar.

Selain memberikan kepercayaan, Ganjar Pranowo juga mengedepankan pentingnya dorongan inovasi di desa. Hal ini termasuk dalam program-program yang dibuat di desa.

Selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode, Ganjar aktif berkomunikasi dan berkolaborasi dengan aparatur pemerintah desa. Hasilnya, sejumlah desa inovatif muncul, seperti desa wisata dan desa anti korupsi di Jateng.

Bacapres 2024 Ganjar Pranowo mendorong penguatan peran pemerintah desa dan peningkatan kepercayaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News