Ganjar Dorong Transformasi Desa Mandiri dan Sejahtera di Rakernas PAPDESI

Ganjar Dorong Transformasi Desa Mandiri dan Sejahtera di Rakernas PAPDESI
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri rakernas DPP PAPDESI di Semarang. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menghadiri rakernas DPP Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) di Hotel MG Setos, Kota Semarang.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mendorong transformasi desa mandiri dan sejahtera. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Ganjar meminta kepala desa (kades) se-Indonesia saling berbagi pengetahuan satu sama lain.

"Ini kami usulkan agar di antara mereka bisa membuat desa-desa kembar. Jadi, nanti mereka saling belajar, NTT dengan Jawa, mungkin NTT dengan Sumatera, Sulawesi dengan Kalimantan,” ujar Ganjar dalam siaran persnya, Minggu (5/6).

Ganjar yang juga menjabat Ketua Dewan Pembina PAPDESI menyebut inovasi di desa-desa sangat banyak selama masa pandemi. Khususnya inovasi terkait ketahanan pangan desa di tengah gejolak ekonomi. 

"Menurut saya, selama pandemi kemarin inovasi di desa banyak sekali. Saya melihat ojol desa umpama, aplikasi-aplikasi umpama," tutur Ganjar. 

Ganjar pun mengapresiasi para kades se-Indonesia, khususnya yang hadir dalam rakernas PAPDESI. Menurutnya, PAPDESI adalah bagian dari ikhtiar pemerintah desa di tengah geopolitik yang akan bergerak. 

Ketua Umum PAPDESI Wargiyati mengaku pihaknya bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk mengembangkan inovasi di desa dan meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir dalam rakernas DPP PAPDESI dan mendorong transformasi desa mandiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News