Ganjar Dukung Penuh Hilirisasi Industri Nikel yang Dilakukan Presiden Jokowi

Ganjar Dukung Penuh Hilirisasi Industri Nikel yang Dilakukan Presiden Jokowi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama para pengusaha. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik upaya hilirisasi industri yang digencarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, hilirisasi industri mampu menjadikan Indonesia sebagai negara mandiri di bidang ekonomi.

Hal itu disampaikan Ganjar, saat menghadiri Pengukuhan Pengurus DPN Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) 2023-2028 yang diselenggarakan di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat.

"Itu lho sudah ada contohnya, ayo dikerjakan. Dan kita akan menjadi bangsa yang mandiri dalam bidang ekonomi," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Selasa (1/8).

Presiden Jokowi yang turut hadir dalam acara tersebut memaparkan, nilai ekspor produk nikel dari hasil hilirisisasi telah mencapai USD 33,81 miliar atau Rp 504,2 triliun pada 2022. Angka tersebut sebesar naik 745 persen dari nilai ekspor 2017.

Menurut laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), Indonesia adalah produsen nikel terbesar di dunia pada 2022. Produksi nikel di dunia diperkirakan mencapai 3,3 juta metrik ton pada 2022.

Jumlah itu meningkat 20,88 persen dibandingkan pada 2021 yang sebanyak 2,73 juta metrik ton. Indonesia menjadi penghasil nikel nomor satu. Total produksinya diperkirakan mencapai 1,6 juta metrik ton atau menyumbang 48,48 persen dari total produksi nikel global sepanjang tahun lalu.

Indonesia juga tercatat sebagai pemilik cadangan nikel terbesar di dunia pada 2022 yakni mencapai 21 juta metrik ton. Artinya, Indonesia menyumbang 21 persen dari total cadangan nikel global sepanjang tahun lalu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung penuh upaya hilirisasi industri yang digencarkan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News