JPNN.com

Ganjar Gowes Ratusan Kilometer demi Aksi Penyelamatan Lingkungan Area Pesisir

Minggu, 24 Januari 2021 – 06:20 WIB
Ganjar Gowes Ratusan Kilometer demi Aksi Penyelamatan Lingkungan Area Pesisir - JPNN.com
Gubernur Ganjar Pranowo saat penanaman pohon di area pantai selatan. Foto: Instagram

jpnn.com, PURWOREJO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo gowes ratusan kilometer menuju pesisir pantai Selatan Jawa Tengah untuk menanam pohon bersama warga.

Tepatnya di kawasan Pantai Dewaruci, Desa Girirejo, Kecamatan Ngrombol, Kabupaten Purworejo, Sabtu (23/1).

Gerakan menanam pohon tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap ancaman megathrust yang berpotensi tsunami.

"Kalau kemarin mencoba menyelamatkan mata air, kali ini kami mencoba untuk di sisi pantai. Di sisi pantai ini kami sudah pernah dapat masukan dari ITB dan BNPB tentang adanya potensi megathrust," kata Ganjar usai memimpin penanaman pohon di lokasi.

Pohon yang ditanam di areal tersebut berupa terdiri atas pohon Cemara Laut dan Pandan Duri. Total pohon Cemara Laut yang akan ditanam di sepanjang pesisir pantai Desa Girirejo sekitar 2000 batang dan tanaman Landan Duri sebanyak 500 batang.

Untuk Pandan Duri sendiri ditanam agar bisa menahan pasir yang terbawa ombak maupun angin sehingga bisa menjadi penahan air laut.

Sementara areal yang ditanami bibit pohon tersebut merupakan bekas tambak tanpa izin. Sudah sekitar lima tahun terakhir areal itu tidak diperbolehkan lagi untuk tambak karena limbah tambak juga membawa dampak negatif bagi lahan pertanian di sekitarnya.

"Sekarang kami coba perbaiki sepanjang pantai ini dengan menanam Cemara. Sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Mumpung musim masih baik kami gerakkan semuanya," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...