Ganjar Milenial Center Luncurkan Program Bank Sampah di Cirebon

Ganjar Milenial Center Luncurkan Program Bank Sampah di Cirebon
Ganjar Milenial Center (GMC) Jawa Barat meluncurkan program bank sampah di Cirebon. Foto dok GMC

jpnn.com, CIREBON - Ganjar Milenial Center (GMC) Jawa Barat meluncurkan program bank sampah di Cirebon.

Kali ini sukarelawan GMC Jabar berkolaborasi dengan perangkat desa dan organisasi desa di Kertawinangun untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengurangi dampak negatif sampah.

Selain untuk mengurangi volume sampah, bank sampah juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terhadap pengelolaan sampah.

"Program bank sampah juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bagi masyarakat tentang apa saja yang bisa dimanfaatkan sehingga mampu meningkatkan nilai ekonomi dari sampah itu sendiri," ujar Koordinator Wilayah (Korwil) GMC Jawa Barat, Muhammad Hamdan.

"Baru lah nanti kami sampai ke tahap pemilahan sampah," lanjutnya.

Hamdan menambahkan, sampah bernilai ekonomi yang dapat ditukarkan dengan uang di Bank Sampah Induk Kertawinangun, salah satunya sampah aluminium, kardus, plastik, kaleng dan lainnya.

"Salah satunya mungkin kardus, plastik bot, kaleng dan lain sebagainya, sehingga bermanfaat dan hasilnya bisa dikembalikan lagi untuk warga di sini," ucapnya.

Melalui program bank sampah, Hamdan berharap, semakin banyak masyarakat yang teredukasi dan tahu bagaimana cara mengelola sampah.

GMC Jabar berkolaborasi dengan perangkat desa di Kertawinangun untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengurangi dampak negatif sampah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News