Ganjar Milenial dan Pegiat Sosial Ajak Masyarakat Untuk Kurangi Sampah

Ganjar Milenial dan Pegiat Sosial Ajak Masyarakat Untuk Kurangi Sampah
Ganjar Milenial Center berusaha mengajak warga untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, PADANG - Sukarelawan Ganjar Milenial Center bersama pegiat sosial bank sampah mengadakan pelatihan pembuatan pupuk kompos bio enzim kepada puluhan masyarakat di Jalan Raya Ampang, Kuranji, Padang, Sumatera Barat.

Pegiat Sosial, Nora Fitriawati (44) menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi sampah rumah tangga dan dapat digunakan untuk kebutuhan rumah.

"Ini sangat bermanfaat apalagi ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, seperti alat pembersih lantai dan pakaian, cuci piring, toilet dan kaca. Ini bisa dimanfaatkan sama semua kalangan," kata Nora dalam siaran persnya, Minggu (1/10).

Selain dimanfaatkan untuk rumah tangga, bio enzim juga dipercayai untuk menyuburkan tanaman dan tumbuhan sehingga mendapatkah buah dari hasil panen secara optimal.

"Sebagai pupuk organik tentu ini bisa juga digunakan untuk tanaman maupun tumbuhan," kata Nora.

Selain konsumsi rumah tangga, manfaat lainnya bisa menjadi peluang usaha, namun harus melalui beberapa prosedur dan tahapan untuk siap dipasarkan.

"Potensi usaha ada, cuma memang harus melalui beberapa proses terlebih dahulu baru bisa dipasarkan karena kan ini organik ya, jadi prosedurnya harus dijalankan lebih ketat. Yang penting kita sosialisasi di tingkat rumah tangga terlebih dahulu," kata Nora.

Nora ingin melalui kegiatan yang diadakan Ganjar Milenial Center bisa meningkatkan semangat dan kepedulian masyarakat terhadap sampah itu sendiri. Sebab apabila diolah, sampah bisa jadi berkah.

Sukarelawan Ganjar Milenial Center bersama dengan pegiat media sosial mengajak masyarakat di Padang untuk mengurangi sampah rumah tangga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News