Ganjar Pranowo Bicara soal Pemberian Vaksin COVID-19, Tolong Disimak

Ganjar Pranowo Bicara soal Pemberian Vaksin COVID-19, Tolong Disimak
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, SEMARANG - Masyarakat mulai membicarakan soal bagaimana cara untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, tahap awal nantinya akan disiapkan tata cara atau prosedur rumah sakit dalam proses pemberian vaksinasi.

Jadi, saat ini belum bicara soal pemesanan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin COVID-19.

"Kita (Pemprov Jateng, red) nanti akan siapkan tata caranya, (jadi belum bisa pre-order) belum, belum, itu kan belum pasti, wong tadi masih ada angka-angka yang baru masuk, prioritas-prioritasnya, kita dari daerah ngikut saja," katanya usai rapat koordinasi secara daring dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait penanganan COVID-19 di Jateng, Jabar, DKI Jakarta, Jatim di ruang kerja gubernur, Senin (14/12).

Ganjar Pranowo menegaskan bahwa vaksin COVID-19 tersebut akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan sesuai dengan instruksi pemerintah.

"Katanya untuk fasilitasnya diberikan pada nakes dulu, kita (Pemprov Jateng, red) ikut sajalah apa yang ada, mana yang paling membutuhkan dari vaksin itu," ujarnya.

Ganjar menjelaskan bahwa saat ini yang paling penting adalah kesiapan menghadapi libur akhir tahun dan pemerintah daerah se-Jawa Bali sepakat membatasi kegiatan yang melibatkan massa saat akhir tahun.

"Sepakat, tadi hampir di Jawa-Bali sepakat semuanya. Terus yang mau bepergian itu harus tes antigen, jadi rapidnya mesti antigen, bentuknya kayak diusap (swab) gitu, kalau tidak lebih baik tidak berpergian dulu agar kita sama-sama bisa saling menjaga," katanya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menanggapi masyarakat yang mulai membicarakan soal cara mendapatkan vaksin COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News