Ganjar Pranowo Kunjungi Pulau Mansinam, Tempat Bersejarah di Papua

Ganjar Pranowo Kunjungi Pulau Mansinam, Tempat Bersejarah di Papua
Capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo ketika mengunjungi Pulau Mansinam, Papua Barat. Dok: tim media GP.

jpnn.com, MANOKWARI - Calon presiden Pemilu 2024 Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke Pulau Mansinam, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Senin (20/11/2023).

Dalam kunjungan itu, Ganjar sempat didoakan oleh tokoh agama dan masyarakat sekitar.

Mantan gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga mengunjungi sejumlah tempat bersejarah di Pulau Mansinam, di antaranya berkunjung ke sumur tua.

Di lokasi itu, Ganjar mendapat penjelasan soal sejarah sumur tersebut hingga turut membasuh wajahnya dari air sumur.

Ganjar memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sangat menyambutnya dengan baik dan antusias. Ganjar juga menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan masyarakat di Pulau Mansinam.

"Saya disambut dengan sangat luar biasa dan ternyata mengharukan betul, sambutan masyarakatnya sangat hangat, dan inilah yang membikin rasanya pengen selalu ke tanah ini," ujar Ganjar di lokasi.

Menurut Ganjar, tempat ini kaya akan sejarah. Oleh karenanya, harus dirawat dan dilestarikan dengan baik. Injil pertama kalinya masuk di Tanah Papua di Pulau Mansinam melalui dua orang misionaris asal Belanda dan Jerman yang bernama Carl Willem Ottow dan Johann Gotlob Geissler.

"Ini pulau yang punya sejarah yang sangat panjang ternyata. Jadi, para ketua menyampaikan kepada saya, inilah para penginjil pertama kali datang. Dan di sinilah gua yang penuh bersejarah, dan semua menyarankan. 'Pak Ganjar apakah Bapak berkenan ke Pulau Mansinam di Manokwari?' saya katakan, 'Saya akan datang'," ungkap Ganjar sembari menirukan ajakan masyarakat untuk mengunjungi Pulau Mansinam.

Capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke tempat bersejarah di Papua, yakni Pulau Mansinam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News