Ganjar Pranowo Makin Berkibar, Prabowo, Anies dan Sandiaga Uno Malah Anjlok

Ganjar Pranowo Makin Berkibar, Prabowo, Anies dan Sandiaga Uno Malah Anjlok
Gubernur Ganjar Pranowo di rumah dinasnya. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei lembaga riset NEW INDONESIA Research & Consulting menyatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo makin memantapkan diri di puncak elektabilitas calon presiden atau capres 2024.

Namun, elektabilitas Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merosot.

Direktur Eksekutif NEW INDONESIA Research & Consulting Andreas Nuryono mengatakan elektabilitas Ganjar makin jauh meninggalkan Prabowo Subianto, sementara Anies Baswedan dan Sandiaga Uno terus menerus merosot.

“Elektabilitas Prabowo, Anies, dan Sandiaga Uno anjlok, dan sebaliknya Ganjar Pranowo makin berkibar,” kata Andreas Nuryono dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (7/2).

Pada survei Juni 2020, Prabowo masih memimpin dengan elektabilitas 18,9 persen, disusul Ganjar 17,1 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 11,0 persen, Anies 9,8 persen, dan Sandi 8,9 persen.

Kemudian, Ganjar mulai menyalip pada survei Oktober 2020 dengan tingkat elektabilitas 17,1 persen, menggeser Prabowo 16,5 persen, disusul Ridwan Kamil 12,3 persen, Anies 8,7 persen, dan Sandi 7,4 persen.

Survei terakhir menunjukkan elektabilitas Ganjar mencapai 18,4 persen, sementara Prabowo turun menjadi 15,6 persen.

Ridwan Kamil mengalami kenaikan menjadi 13,1 persen, sedangkan Anies turun menjadi 7,3 persen dan Sandi menjadi 6,2 persen.

Elektabilitas Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 makin berkibar, meninggalkan tokoh-tokoh lainnya seperti Prabowo, Anies dan Sandiaga Uno. Nama AHY dan Moeldoko, serta Risma masih di bawah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News