Ganjar Pranowo Sambangi Gus Baha Sambil Menyantri

Ganjar Pranowo Sambangi Gus Baha Sambil Menyantri
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui Gus Baha. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, REMBANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membagikan ceritanya saat sowan sekaligus menyantri kepada KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha pada Rabu (3/5) siang.

Ganjar mengungkapkan pertemuannya dengan Gus Baha selalu diselipi dengan pembahasan ihwal cara-cara menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

"Jadi, ikut nyantri sebentar tadi sama Gus Baha diceritakan cara-cara yang selalu menyejukkan, selalu enak, ketawa, itu menunjukkan sama sebenarnya beberapa persoalan bisa diselesaikan," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Rabu.

Ganjar mengaku selalu mendapat ilmu baru ketika menyantri dengan Gus Baha.

Seperti bagaimana menjadi manusia yang dapat menyelesaikan segala persoalan dengan cara mudah tanpa harus membuat masalah baru.

Dalam menghadapi suatu permasalahan, Gus Baha juga memberi wejangan kepada Ganjar untuk selalu membalik cara berpikir saat menghadapi masalah.

Gus Baha, lanjut Ganjar, juga selalu memberikan contoh-contohnya dengan tepat sehingga nasihat-nasihat yang dianjurkan Gus Baha disukai banyak orang.

"Intinya satu, semua itu bisa mudah kenapa harus dipersulit. Maka kalau beliau ngaji dan sebagainya selalu solutif. Iso ngene kenopo ngono (bisa seperti ini, kenapa harus seperti itu), lalu coba di balik cara berpikirmu, satu per satu contoh itu diberikan sangat inspiratif," kata Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sowan kepada Gus Baha seraya menjadi santri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News