Ganjar Pranowo Sowan ke Tuan Guru Babussalam Besilam di Langkat

Ganjar Pranowo Sowan ke Tuan Guru Babussalam Besilam di Langkat
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sowan ke kediaman Tuan Guru Babussalam Besilam, Syekh Zikmal Fuad Mursyid di Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat. Foto dok tim Ganjar

jpnn.com, LANGKAT - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sowan ke kediaman Tuan Guru Babussalam Besilam, Syekh Zikmal Fuad Mursyid di Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat.

Ganjar disambut langsung oleh Syekh Zikmal Fuad Mursyid, selaku Tuan Guru ke-12 dari Tuan Guru pertama, Syekh Abdul Wahab Rokan, mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Riau dan Sumatera Timur pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

"Beliau masih muda, beliau penerus ke-12 dari Syekh Abdul Wahab Rokan. Maka beliau dari Riau, tahun 1800-an masuk ke sini untuk menyebarkan agama dan ini menjadi tempat yang sangat bersejarah," ujar Ganjar, Minggu (5/3).

Kampung Babussalam Besilam, Kabupaten Langkat dibentuk pada 1883 oleh Syekh Abdul Wahab Rokan, di atas tanah wakaf seluas 131,5 hektar dari Raja Musa.

Ganjar berdiskusi dan saling berbagi cerita dengan Syekh Zikmal Fuad. Keduanya tampak bertukar pikiran dan pengalaman terkait bidangnya masing-masing.

Politikus PDIP ini bercerita mulai dari pengalamannya menjadi anggota DPR hingga menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Sementara, Syekh Zikmal Fuad menyampaikan pengalamannya selama menimba ilmu. Ganjar menyebut, Syekh Zikmal Fuad merupakan Tuan Guru berusia muda yang intelektual dan layak dijadikan inspirasi.

"Beliau sangat intelektual karena banyak menimba ilmu di UIN, terus kemudian di IAIN, terus di IKIP, lalu ke Malaysia dan sekarang mengajar kemana-mana," jelas Ganjar.

Ganjar bercerita pengalamannya menjadi anggota DPR hingga menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News