Ganjar Pranowo: Tol Semarang-Demak Bisa Selesaikan Dua Masalah

Ganjar Pranowo: Tol Semarang-Demak Bisa Selesaikan Dua Masalah
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau pembangunan tol Semarang-Demak. Foto: Dok Pemprov Jateng.

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melakukan peninjauan ke lokasi proyek pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi 2 di Desa Loireng Kecamatan Sayung, Demak, Jumat (26/11).

Menurut Ganjar, pembangunan tol tersebut bisa menyelesaikan dua permasalahan sekaligus.

"Satu, ini transportasi bisa jadi alternatif jalur yang lancar. Yang kedua beberapa ruas yang biasa terjadi rob insyaallah juga akan kami tangani," kata Ganjar, dalam siaran persnya, Jumat.

Ganjar mengatakan Tol Semarang-Demak Seksi 2 (Sayung-Demak) memiliki panjang 16,31 kilometer. Menurut dia, proyek tersebut sebagai ikhtiar bersama.

"Ini ikhtiar bersama yang sudah lama sekali untuk bisa menyelesaikan persoalan kemacetan yang ada di Kali Gawe dan wilayah antara Semarang-Demak di Sayung,” kata Ganjar.

Sementara Komisaris Utama PT Pembangunan Perumahan Andi Gani Nena Wea mengatakan proyek tol Semarang-Demak Seksi 2 ini akan rampung pada Oktober 2022. Penyelesaian nantinya bakal bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

“Kami menargetkan selesai tanggal 28 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Kami akan mempercepat dua bulan dari target yang tadinya Desember," kata Andi.

Untuk diketahui, tol Semarang-Demak ini merupakan tol pertama yang terintegrasi dengan tanggul laut di Indonesia. Kemudian, tol ini juga menggunakan sistem polder, yaitu dengan adanya dua buah kolam retensi. (cuy/jpnn)

Ganjar Pranowo menilai bahwa pembangunan tol Semarang-Demak bisa menyelesaikan dua masalah sekaligus.


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News