Ganjar: Ulama Harus Dilibatkan dalam Pengambilan Keputusan Penting Negara

Ganjar: Ulama Harus Dilibatkan dalam Pengambilan Keputusan Penting Negara
Ganjar Pranowo meminta para ulama dan tokoh agama untuk dilibatkan dalam setiap pengambilan keputusan penting. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, SURABAYA - Bakal capres 2024 Ganjar Pranowo menyatakan dirinya akan menggandeng ulama dan tokoh agama dalam pembangunan Indonesia jika kelak dipercaya menjadi pemimpin bangsa.

Menurutnya, ulama dan tokoh agama memiliki peran sangat penting dalam penentuan kebijakan demi kesejahteraan jutaan masyarakat Indonesia.

"Banyak persoalan waktu saya jadi gunernur yang selesai dengan bantuan ulama dan tokoh agama. Kalau ada persoalan rumit dan ini membutuhkan perhatian banyak orang, saya selalu bertanya pertama pada tokoh agama dan ulama," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Jumat (22/9).

"Mereka (ulama) selalu memberikan masukan yang menyejukkan dan itu menyelesaikan persoalan," kata Ganjar yang baru saja sowan ke KH Luqman Hakim dan KH Djardjis Al Ishaqi, dua cucu Hadhratussyaikh KH Muhammad Utsman Al Ishaqi di Surabaya.

Ganjar menyebut cara itu sangat efektif dalam membantu sukses kepemimpinannya selama dua periode menjabat Gubernur Jateng. Dan Ganjar akan tetap mempertahankan hal itu.

"Para ulama dan tokoh agama itu banyak memberikan petuah dan masukan dengan cara yang menyejukkan. Dan ketika berkaitan dengan kemasyarakatan, dengan melibatkan para ulama dan tokoh agama ini, keteduhan muncul. Masyarakat merasa tenang," ujar dia.

Ganjar menyebut pengalaman di Jateng berupa pelibatan ulama dan tokoh agama memiliki dampak signifikan di masyarakat. Ganjar menerangkan banyak terbantu dengan keberadaan ulama dan tokoh agama di sisinya.

"Dari tingkat kecepatan memutuskan dan keteduhan, para ulama dan tokoh masyarakat ini sangat berperan. Itu menjadi modal dasar untuk membangun Indonesia, kan jadi sejuk semua," ujar dia.

Ganjar Pranowo menyebut para ulama dan tokoh agama mesti dilibatkan dalam pengambilan keputusan penting negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News