Ganjar Ungkap Pentingnya Masyarakat Miskin Mengakses Pendidikan yang Layak

Ganjar Ungkap Pentingnya Masyarakat Miskin Mengakses Pendidikan yang Layak
Bacapres 2024 Ganjar Pranowo ditemui di Sulut, Kamis (18/5). Aristo/JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 Ganjar Pranowo menyinggung tentang pendidikan dan mengasah keterampilan menjadi cara bagi rakyat keluar dari kemiskinan. 

Dia mengatakan itu saat silahturahmi dan safari budaya bersama tokoh, ulama, dan sukarelawan se-Sumatera Selatan di Dining Hall Jakabaring, Palembang, Sabtu (20/5). 

Ganjar menyebut kemiskinan tidak pernah tertuntaskan apabila pemerintah memberi rakyat sesuatu yang bersifat konsumtif belaka. 

Dia kemudian teringat pesan para orang tua tentang pemberian 'kail' kepada rakyat agar mereka bisa keluar dari kemiskinan. 

"Maka akhirnya kemiskinan permanen di antara keluarga, begitu lagi dan begitu lagi,” ujar Ganjar saat berbicara di acara silaturahmi di Dining Hall Jakabaring, Palembang, Sabtu.

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu lalu bertanya pendapat para ahli untuk mengatasi kemiskinan dan ditemukan jawaban soal penyediaan akses pendidikan layak.

“Saya tanya para ahli, saya tanya mereka yang punya pengalaman, satu akses yang mesti diberikan itu pendidikan, mau pendidikan formal, mau informal, mau sekolah umum, mau pondok pesentren, yang penting masih di pendidikan,” kata dia.

Ganjar yang menjabat Gubernur Jawa Tengah kemudian membuat kebijakan yang mempermudah anak miskin di provinsi yang sama akses bersekolah. 

Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 Ganjar Pranowo bercerita soal anak dari keluarga tidak mampu keluar dari kemiskinan melalui pendidikan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News