Ganjar Ziarahi Makam Ulama Besar Tasikmalaya, Disambut Keturunan ke-9 Syekh Abdul Muhyi

Ganjar Ziarahi Makam Ulama Besar Tasikmalaya, Disambut Keturunan ke-9 Syekh Abdul Muhyi
Bacapres 2024 Ganjar Pranowo ketika menziarahi makam Syekh Abdul Muhyi di Tasikmalaya. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, TASIKMALAYA - Bacapres 2024 Ganjar Pranowo melakukan ziarah ke makam Syekh Abdul Muhyi di Desa Pamijahan, Bantarkalong, Tasikmalaya, Senin (9/10).

Kedatangan Ganjar disambut oleh KH Endang Adjidin, juru kunci makam sekaligus keturunan ke sembilan dari Syekh Abdul Muhyi.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu langsung dijamu di ruang tamu kediaman KH Endang bersama sejumlah ulama Tasikmalaya. Dalam kegiatan itu suasana sangat hangat dan akrab.

Setelah itu, Ganjar ditemani tuan rumah menuju makam. Di sepanjang lorong, Ganjar bertemu dengan para pedagang oleh-oleh dan peziarah lainnya. Tak sedikit yang meminta foto dan bersalaman.

Sesampainya di makam, Ganjar mengambil wudu kemudian bersila di depan pintu makam Syekh Abdul Muhyi.

Acara doa dipimpin langsung oleh KH Endang. Bahkan, Ganjar diperkenankan masuk ke ruang makam, yang selama ini tidak boleh dimasuki kecuali dari nasab keturunan.

Syekh Abdul Muhyi Pamijahan diyakini sebagai waliyullah dan dihormati masyarakat pesantren. Dia merupakan mata rantai dan pembawa tarekat Syathariyah yang pertama ke Pulau Jawa.

Abdul Muhyi dilahirkan tahun 1650 di Mataram. Mataram di sini ada yang menyebut di Lombok, tetapi ada juga yang menyebut Kerajaan Mataram Islam.

Bacapres 2024 Ganjar Pranowo berkesempatan untuk menziarahi makam ulama besar di Tasikmalaya, Syekh Abdul Muhyi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News